Beranda Lifestyle Ternyata Sayuran Ini Kaya Manfaat Untuk Tubuh, Tak Banyak Yang Tau

Ternyata Sayuran Ini Kaya Manfaat Untuk Tubuh, Tak Banyak Yang Tau

233
Ternyata Sayuran Ini Kaya Manfaat Untuk Tubuh, Tak Banyak Yang Tau | Photo : Istimewa/Net

KESEHATAN – Jantung pisang salah jenis sayuran yang banyak disukai oleh orang indonesia, terlebih rasa yang khas menjadi daya tarik tersendiri, bahkan Jantung pisang bisa disantap hanya dengan direbus dengan air saja.

Biasanya banyak orang mengkonsumsi jantung pisang dengan sajian yang sangat sederhana, direbus dan ditemani sambal terasi, rasanya sangat nikmat sekali.

Ada juga yang mengolah jantung pisang dengan disayur santan, dan berbagai masakan lainnya, bahkan saat ini ada beberapa hotel atau tempat makan kelas atas juga menggunakan jantung pisang untuk menu makanan mereka.

BACA JUGA :  Sering Alami Kesemutan di Kaki, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

Dengan konsep yang sedikit berbeda dan menghasilkan masakan dengan cita rasa yang berbeda juga.

Ternyata jantung pisang memiliki segudang manfaat dan memiliki vitamin yang cukup banyak di dalamnya

Ada beragam manfaat yang dapat diperoleh dari jantung pisang. Biasanya, jantung pisang dapat ditumis, digoreng, atau dijadikan gulai. Selain rasanya yang lezat, jantung pisang menyimpan segudang manfaat yang bisa diperoleh.

Ketahui selengkapnya keuntungan kesehatan dari mengonsumsi jantung pisang.

BACA JUGA :  Pernah Alami Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Ini Cara Penyembuhannya

Manfaat makan jantung pisang untuk kesehatan

Jantung pisang dianggap sebagai bagian dari sayuran di wilayah Asia Tenggara. Sama seperti sayuran lainnya, jantung pisang begitu kaya akan kandungan nutrisinya seperti di bawah ini.

  • vitamin A
  • vitamin C
  • vitamin E
  • beragam mineral
  • asam lemak
  • flavonoid
  • tanin
  • saponin
  • glikosida
  • steroid

Dari beragam kandungan inilah yang memberikan manfaat pada jantung pisang saat dikonsumsi. Jika Anda salah satu penggemar jantung pisang, berikut manfaat yang dapat diperoleh.

1. Mengatasi pembesaran prostat jinak

Jantung pisang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pembesaran prostat jinak atau benign prostatic hyperlapsia. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria dan ditandai dengan melemahnya kandung kemih, sehingga urine tidak keluar seluruhnya.

BACA JUGA :  Inilah Fakta Penularan Virus HPV, dan Cara Pencegahannya

Dalam sebuah penelitian, ekstrak jantung pisang membantu mengurangi pembesaran prostat dan memperbaiki morfologi kelenjar prostat. Ekstrak jantung pisang mengandung asam sitrat, taurin, asam pantotenat, dan nikotinat.

Senyawa tersebut mampu menjadi agen antiinflamasi dan antiprofilerasi (menghambat pertumbuhan sel) pada pasien pembesaran prostat jinak.

Tinggalkan Balasan