Beranda Berita Internasional Putin mengumumkan pencaplokan Rusia atas empat wilayah Ukraina

Putin mengumumkan pencaplokan Rusia atas empat wilayah Ukraina

227
0
Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina
Orang-orang berjalan menuju Lapangan Merah untuk menghadiri acara yang menandai pencaplokan wilayah yang dikuasai Rusia di empat wilayah Ukraina - Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhia - di pusat kota Moskow, Rusia [Reuters]
IKLAN

DETIKEPRI.COM, RUSIA – Langkah itu telah dikutuk oleh Ukraina dan negara-negara Barat dan merupakan eskalasi besar dalam perang tujuh bulan. Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan pencaplokan empat wilayah Ukraina yang diduduki sebagian pada upacara penandatanganan di Kremlin.

Ukraina, negara-negara Barat dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengecam langkah tersebut, yang merupakan eskalasi besar dalam perang yang dimulai dengan invasi Rusia pada 24 Februari.

BACA JUGA :  Erdogan Ajukan diri sebagai Mediasi antara Ukraina dan Rusia

Pada upacara pada hari Jumat, Putin mengatakan Rusia memiliki “empat wilayah baru”, menyebut penduduk wilayah Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhia yang diduduki Ukraina sebagai “warga kita selamanya”.

“Ini adalah keinginan jutaan orang,” katanya dalam pidato di hadapan ratusan pejabat tinggi di St George’s Hall di Kremlin.

“Kami akan mempertahankan tanah kami dengan segenap kekuatan dan segala cara kami,” tambahnya, menyerukan “rezim Kyiv untuk segera menghentikan permusuhan dan kembali ke meja perundingan”.

BACA JUGA :  Adu Pinalti Rusia Kalahkan Spanyol Skor 4 : 3, Babak Gugur Piala Dunia 2018
1
2
3
4
5
6
7
8
SebelumnyaResolusi PBB Gelar Voting, Terkait Rusia Kuasai 4 Lokasi Ukraina, China Abstain
SelanjutnyaInfinix Note 12i 2022 resmi hadir dengan kamera 50MP dan layar AMOLED 6,7″