Beranda Daerah Rumah Sakit Karantina di Galang Rampung, Yuk Intip Seperti Apa Dalamnya

Rumah Sakit Karantina di Galang Rampung, Yuk Intip Seperti Apa Dalamnya

0
Rumah Sakit Karantina di Galang Rampung, Yuk Intip Seperti Apa Dalamnya | Photo : Istimewa/Net

BATAM – Fasilitas kampung vietnam yang terletak di daerah Galang saat ini disulap jadi rumah sakit karantina Covid-19 yang digagas oleh pemerintah pusat.

Barak yang tadinya menampung banyak warga vietnam yang kabur dari negaranya karena terjadi perang saudara, Indonesia sangat berjasa dengan warga vietnam tersebut.

Setalah lama menjadi taman wisata yang diperuntukan untuk mengenang perjuangan orang-orang vietnam yang berjuang mengarungi lautan.

Fasilitas barak dan beberapa tempat lainnya saat ini digunakan oleh pemerintah untuk menampung para pasien Covid-19

Seperti apa penampakan barak yang telah dipugar penuh oleh pemerintah, dan seperti apa fasilitas yang telah diperbaharui tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan fasilitas observasi/penampungan/karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya COVID-19 (Corona) di Pulau Galang, Kota Batam, dioperasikan Senin 6 April 2020. Di mana progres saat ini sudah 95%.

Mengutip keterangan Kementerian PUPR, Rabu (1/4/2020), lokasi yang dipilih untuk pembangunan fasilitas karantina Covid-19 yaitu memanfaatkan lahan seluas 20 hektar dari total luas area 80 hektar di Pulau Galang, tepatnya kawasan eks pengungsi Vietnam. Area pengembangannya berjarak 60 km dari Bandara Hang Nadim dan 56 km dari Kota Batam.

Rencana kapasitas tampung

Fasilitas Penampungan/Karantina/Observasi adalah 1.000 tempat tidur. Pada Tahap I akan dibangun 2 gedung bertingkat 2 untuk menampung 360 tempat tidur yang terdiri dari fasilitas observasi sebanyak 340 tempat tidur, sedangkan 20 tempat tidur lainnya merupakan fasilitas ruang isolasi Intensive Care Unit (ICU).

Adapun sebanyak 340 tempat tidur fasilitas observasi akan diprioritaskan terlebih dahulu untuk orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 240 tempat tidur dan 100 tempat tidur untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sisanya 640 tempat tidur akan dilaksanakan pembangunan fasilitasnya pada tahap II.

Pembangunannya dibagi menjadi 3 Zonasi, yakni Zona A (Renovasi Eks Sinam) meliputi gedung penunjang seperti mess petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house.

Sementara Zona B meliputi fasilitas penampungan dan fasilitas pendukung seperti ruang isolasi, ruang observasi, Laboratorium, ruang sterilisasi, GWT, Central Gas Medik, instalasi jenazah, landasan helicopter (helipad), dan zona utilitas.

Tinggalkan Balasan