Beranda Sejarah Seni & Budaya Hari Penyadaran Autisme Sedunia, Setiap 2 April Diperingati Sejak 1989

Hari Penyadaran Autisme Sedunia, Setiap 2 April Diperingati Sejak 1989

242
Hari Penyadaran Autisme Sedunia, Setiap 2 April Diperingati Sejak 1989 | Photo : Ilustrasi

SEJARAH – World Autism Awareness Day telah diselenggarakan setiap tahun sejak 9 September 1989. Penetapan hari ini berdasarkan Resolusi Majelis Umum PBB “62/139. World Autism Awareness Day” yang ditetapkan pada 18 Desember 2007, berdasarkan usulan Perwakilan Negara Qatar, dan didukung oleh semua negara anggota.

AUTISME merupakan gangguan neurologis yang mempengaruhi fungsi otak dan menjadi salah satu kelainan yang terjadi pada anak hingga ia dewasa.

Setiap 2 April, tepatnya hari ini diperingati oleh seluruh dunia sebagai Hari Penyadaran Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day), Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) membuat hari peringatan tersebut untuk mendorong negara-negara yang menjadi anggota PBB meningkat kesadarannya tentang autisme di seluruh dunia.

Setiap hari peringatan biasanya memiliki tema tersendiri, untuk tema dari peringatan Hari Penyadaran Autisme Sedunia tahun ini ialah Memberdayakan Perempuan dan Gadis dengan Autisme. Tema tersebut dipilih dan dibuat oleh PBB, karena pentingnya melibatkan perempuan dan gadis dengan autisme dalam kebijakan dan pengambilan keputusan untuk mengatasi tantangan terkait dengan autisme.

Pada 2018 ini selain mengusung konsep seperti yang sudah disebutkan di atas, terdapat pula sebuah kampanye bertajuk Light it Up Blue yang dipelopori oleh komunitas autisme. Kampanye tersebut bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan penerimaan bagi saudara yang mengidap autisme di masyarakat.

Untuk mendorong kampanye ini, warga net diharapkan untuk mengenakan pakaian biru dan mengunggahnya ke media sosial dengan menggunakan tagar #LightItUpBlue, agar semakin tersebar kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap saudara-saudara yang mengidap autisme.

Selain itu, melansir dari laman ABC 7, Senin (2/4/2018), landmark di seluruh dunia yang mendukung kampanye tersebut juga akan menggunakan aksen warna biru atau lampu warna biru, seperti Air Terjun Niagara, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Gedung Empire State, Gedung Putih, dan gedung-gedung pemerintahan negara lainnya.

Lampu biru akan menyala selama tiga hari, mulai dari 2-4 April 2018. Hari Kesadaran Autisme Sedunia ini disahkan oleh Dewan PBB pada 1 November 2007 silam dan juga merupakan satu dari empat hari peringatan PBB yang resmi khusus kesehatan.

Tinggalkan Balasan