Beranda Sejarah Seni & Budaya Masjid Agung Batam, Masjid Limas Kental Sentuhan Budaya Melayu

Masjid Agung Batam, Masjid Limas Kental Sentuhan Budaya Melayu

1211
0
BERBAGI
Masjid Agung Batam / foto : istimewa

DETIKEPRI.COM, BATAM — Setiap kota di Indonesia mempunyai Masjid besar yang jadi kebanggaan masyarakat. Seperti di kota Batam, Kepulauan Riau ini. Di kota ini, ada sebuah masjid besar, unik dan luas. Bentuk limas di bagian atapnya seolah menggambarkan budaya melayu yang begitu khas. Namanya Masjid Agung Batam atau masyarakat mengenalnya dengan Masjid Raya Batam (MRB).

BACA JUGA :  Kadisos dan BMPT Kota Batam Menerima Kunjungan Dinsos dan DPRD Kota Gorontalo

Berlokasi di Jalan Engku Putri, Batam Center, Kota Batam, masjid ini berhadap-hadapan dengan kantor Badan Otorita Pengemabngan Pulau Batam atau BIDA (Batam Industrial Development Authority). Letaknya cukup strategis karena bersebelahan langsung dengan alun-alun dan berjarak sekitar 20 menit dari Bandara Hang Nadim. Selain menjadi pusat ibadah, masjid ini juga rutin menjadi tujuan wisata para turis karena bentuknya yang tidak biasa.

BACA JUGA :  Upaya Mengurangi Korban Skiming, BRI Batam Melakukan Pemblokiran ATM

Sejarah

Ide pembangunan masjid ini berawal dari obrolan masyarakat sekitar pada tahun 1991. Lebih tepatnya ketika para pegawai Badan Pengusahaan (BP) Batam (dulu Otorita Batam/OB) kesulitan untuk melaksakan shalat Jumat. Hal ini karena tempat lobi di lantai dua di gedung OB yang tidak cukup menampung jamaah.

Masjid Agung Batam / foto : istimewa

Obrolan tentang pembuatan masjid pun terjadi setelah selesai shalat Jumat. Bahkan, obrolan ini pun terjadi di kalangan pejabat tinggi yang kala itu dipimpin oleh BJ Habibie. Beliau menyetujui pembangunan sebuah masjid besar. Akhirnya, rencana-rencana dibuat termasuk penentuan titik lokasi dan penerbitan pengumuman lelang.

BACA JUGA :  Perusahaan Harus Bertanggung Jawab Sepenuhnya Jika Terjadi Kecelakaan Kerja
Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here