Beranda Lifestyle Usus Buntu Berbahaya, Ketahui Gejala hingga Penyebabnya

Usus Buntu Berbahaya, Ketahui Gejala hingga Penyebabnya

284
0
BERBAGI
Penyakit usus buntu ditandai dengan nyeri dan sakit pada perut bagian kanan | Photo : ilustrasi

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Gejala usus buntu sulit untuk diketahui dan dirasakan, saat pasien mengetahui kalau dirinya memiliki usus buntu setelah usus buntu membesar atau menekan bagian organ tubuh yang menimbulkan rasa sakit.

Terkadang baru dapat diketahui bahwa penyakit yang dirasakan pada bagian perut sebelah kanan, setelah kondisi usus buntu benar-benar pada titik berbahaya.

Lantas bagaimana cara mengetahui secara dini penyakit usus buntu tersebut, sebelum terjadi rasa sakit atau nyeri yang berlebihan pada bagian perut sebelah kanan tersebut.

BACA JUGA :  Usus Buntu Bisa Dialami Setiap Orang, Inilah 5 Pemicu Radang Usus Buntu Yang Harus di Waspadai

Dilansir dari doktersehat Radang usus buntu atau apendisitis adalah peradangan usus buntu, sebuah organ yang merupakan tabung sepanjang 1,5 cm membentang dari usus besar. Tidak ada yang benar-benar yakin apa fungsi apendiks. Satu hal yang diketahui bahwa kita bisa hidup tanpa apendiks.

Apakah Apendisitis Bebahaya?

Radang usus buntu atau appendictis adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan operasi yang cepat untuk mengangkat apendiks.

Tanpa diobati, usus buntu yang meradang akhirnya akan meledak, atau dalam bahasa medis disebut perforasi, sehingga mengeluarkan isinya ke dalam rongga perut. Hal ini dapat menyebabkan peritonitis, peradangan serius dari rongga lapisan perut (peritoneum) yang bisa berakibat fatal kecuali jika ditangani dengan cepat dengan antibiotik yang kuat.

BACA JUGA :  Ketahuilah Gejala Usus Buntu, Agar Dapat Mewaspadainya

Terkadang radang usus buntu berisi nanah abses yang dapat menuju keluar usus buntu yang meradang dan jika abses pecah akan membentuk jaringan parut.

Jaringan parut dan abses inilah membuat apendiks menjadi bengkak dan tersumbat. Maka, meskipun apendiks belum perforasi, semua kasus apendisitis diperlakukan darurat, yang membutuhkan pembedahan sebagai bentuk penanganannya.

BACA JUGA :  Ketahuilah Gejala Usus Buntu, Agar Dapat Mewaspadainya

Di Amerika Serikat, 1 dari 15 orang mengalami usus buntu. Meskipun bisa menyerang pada usia berapa pun, apendisitis jarang terjadi di bawah usia 2 tahun dan paling sering antara usia 10-30 tahun.

Penyebab Apendisitis

Apa yang menyebabkan radang usus buntu? Apendisitis atau radang usus buntu terjadi ketika usus buntu tersumbat, biasanya berisi tinja, benda asing, atau kanker. Penyumbatan juga dapat terjadi karena infeksi dan membengkak dalam menanggapi infeksi di dalam tubuh.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here