Beranda Lifestyle WNI dari Wuhan di Semprot Cairan, Foto dan Video Viral di Media...

WNI dari Wuhan di Semprot Cairan, Foto dan Video Viral di Media Sosial

798
0
Petugas medis menyemprot warga negara Indonesia dengan antiseptik saat mereka tiba dari Wuhan, dan sebelum memindahkan mereka ke pangkalan militer Kepulauan Natuna untuk dikarantina [Antara Foto / via Reuters]

DETIKEPRI.COM, BATAM – Beredar beberapa photo dan video terkait penyemprotan cairan kepada WNI yang tiba di Bandara Hang Nadim dari Wuhan Cina tempat bermulanya Virus Corona atau lebih di kenal dengan 2019-nCoV.

Penyemprotan cairan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan menjadi pembahasan dikalanangan nasional bahkan internasional.

Kedatangan WNI dari Wuhan menjadi perhatian semua pihak, bahkan menjadi perbincangan hingga media internasional juga membahas masalah ini.

Tindakan yang di ambil oleh Menteri kesehatan cukup menjadi apresiasi.

Tak hanya menjadi perbincangan para warganet di Indonesia, foto-foto dan video penyemprotan WNI yang dijemput dari Wuhan saat sampai di Bandara Hang Nadim, Batam ternyata juga dibahas berbagai media luar negeri. Kemenkes pun akhirnya angkat bicara demi meluruskan berbagai pendapat yang kurang tepat terkait dengan proses ini.

BACA JUGA :  Selandia Baru Larang Masuk Orang Asing Yang Berpergian dari Tiongkok

Penjelasan Kemenkes Terkait dengan Penyemprotan WNI dari Wuhan

Tak hanya heran dengan proses penyemprotan para WNI yang baru saja turun dari pesawat, banyak orang yang membahas tentang cairan apa yang digunakan untuk menyemprot para WNI dan barang-barang bawaannya tersebut. Selain itu, pada wadah tabung yang dipakai para penyemprot yang berpakaian khusus berwarna kuning ini juga tertulis “Alkohol” sehingga membuat banyak orang kebingungan.

BACA JUGA :  Pemerintah Mesra dengan Corona, Ada Apa dibalik Kemesraan, Negara Lain Keras Menolak

Achmad Yurianto, Sekretaris Setditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes menyebut meski wadah yang dipakai untuk menyemprot para WNI tertulis ‘Alkohol’, ternyata isinya adalah disinfektan.

“Ngawur, mana ada disemprot alkohol minuman yang bisa bikin mabuk? Itu disinfektan,” jelasnya.

Sebagai informasi, disinfektan adalah sejenis bahan pencegah infeksi atau pencemaran yang terdiri dari beberapa bahan kimia layaknya lisol dan kreolin. Di dalamnya juga terdapat kandungan yang bisa mematikan bakteri atau virus yang bisa saja menempel pada orang atau benda-benda lain.

BACA JUGA :  6 Tuntutan Masyarakat Natuna, Terkait Kegiatan Observasi/Karantina 245 WNI dari Wuhan China

“Itu memang dibuat untuk disemprotkan ke manusia,” tegas Achmad.

Menariknya, bahan disinfektan ini sebenarnya juga bisa dipakai untuk membersihkan lantai. Hanya saja, bahan yang disemprotkan ke manusia ini memakai tambahan aroma agar lebih enak untuk dihirup.

Pesawat yang Dipakai Juga Disemprot Cairan

Tinggalkan Balasan