Beranda Teknologi Ngecas Batrai Handphone Bisa Menggunakan Wifi

Ngecas Batrai Handphone Bisa Menggunakan Wifi

982
0
BERBAGI
Wi-Fi Tak Hanya Untuk Internetan, Tapi Bisa Untuk Pengisian Daya | Foto : Istimewa

DETIKEPRI.COM, TEKNOLOGI – Perkembangan teknoligi semangkin baik, mulai dari aplikasi handphone yang semangkin mudah dan cepat digunakan, dan teknologi hardware yang semangkin hari terus berkembang untuk memanjakan para pengguna dengan banyak kemudahan. Perkembangan teknologi juga sampai merambah kepada sisitem pengisian daya untuk smartphone.

Bluetooth sejatinya sudah menyajikan interkoneksi nirkabel yang hampir mendekati kesempurnaan. Namun masih ada jenis interkoneksi nirkabel lainnya yang lebih stabil, yaitu Wireless Fidelity (Wi-Fi).

BACA JUGA :  'Roket' Antisipasi Ban Motor Selip, Dalam Pengembangan Bosch

Mulanya Wi-Fi diperuntukkan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Lokal (LAN) dalam ruangan, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Pada dasarnya, Bluetooth dan Wi-Fi sama-sama berjalan di sinyal radio pada rentang frekuensi 2.4 Gigahertz.

Namun, Bluetooth menggunakan spread spectrum frequency hopping (SSFH), sedangkan Wi-Fi menggunakan direct sequence spread spectrum (DSSS). Dalam hal penggunaan frekuensi radio, DSSS bertolak belakang dengan SSFH, yang mana SSFH berpindah frekuensi dengan sangat cepat dalam membawa data, sedangkan DSSS hanya menggunakan beberapa rentang frekuensi.

BACA JUGA :  Berikan Yang Terbaik Buat Bloger dan Publisher, "Selamat Ulang Tahun Ke 15 Untuk Google Adsense"

Maka dari itu data yang dikirim melalui Wi-Fi lebih stabil dan lebih cepat dari Bluetooth. Meskipun demikian, penggunaan daya Wi-Fi sepuluh kali lipat lebih tinggi dari Bluetooth. Selain itu sifatnya yang menggunakan frekuensi stabil, Wi-Fi rentan terhadap pembajakan bandwidth.

Wi-Fi Dorong Menjamurnya Hotspot

Teknologi internet berbasis Wi-Fi sendiri dikembangkan oleh sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bernaung di Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) pada tahun 1997, berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16.

BACA JUGA :  Harusnya Bayar Mahal, Dengan Smartfren Bayar Murah, Untung Berlimpah
Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here