Beranda Lifestyle Kanker Hidung Bisakah Diobati?, Berikut Gejala, dan Cara Penangannya

Kanker Hidung Bisakah Diobati?, Berikut Gejala, dan Cara Penangannya

232
0
BERBAGI
Kanker Hidung Bisakah Diobati?, Berikut Gejala, dan Cara Penangannya | Photo : Klikdokter

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Kanker merupakan penyakit yang cukup ditakuti oleh semua orang, sebab jenis penyakit ini bisa mengakibatkan kematian, dan tidak jarang penderita kanker berakhir dengan tutup usia.

Hingga kini banyak upaya yang dilakukan oleh ahli kesehatan untuk menemukan obat dan pembunuh kanker itu sendiri.

Secara perkembangan ilmu kesehatan tidak ada hasil yang cukup signifikan dalam menghilangkan penyakit kanker.

Kanker nasofaring atau kanker hidung adalah kanker yang terbentuk di jaringan nasofaring, bagian atas tenggorokan di belakang hidung.

BACA JUGA :  Mau Cepet Dapat Momongan, 5 Makanan ini Wajib Bagi Suami Istri

Sebagian besar kanker hidung adalah karsinoma sel skuamosa, kanker yang dimulai pada sel datar yang melapisi nasofaring. Kanker hidung berbeda dengan jenis kanker lainnya. Kanker ini sulit dirasakan atau dilihat, karena itulah kanker nasofaring sulit dideteksi sejak stadium awal oleh dokter.

Penyebab Kanker Hidung

Penyebab pasti dari sebagian besar kasus kanker hidung belum diketahui. Tetapi para periset telah menemukan bahwa kanker hidung terkait dengan berbagai faktor risiko berikut ini:

1. Infeksi

Meski tidak dapat terserang kanker, tetapi beberapa virus berisiko meningkatkan risiko terkena kanker. Virus Epstein Barr (EBV) adalah virus yang sangat umum yang dapat meningkatkan risiko kanker nasofaring. Kebanyakan orang memiliki EBV dan itu tidak berbahaya. Virus yang terkait dengan kanker lain seperti limfoma Hodgkin dan limfoma Burkitt, adalah jenis limfoma non Hodgkin.

BACA JUGA :  Eskrim Bisa Mencegah Penyakit Jantung, Benarkah ?

EBV dapat menyebabkan perubahan genetik dalam sel yang lebih mungkin menjadi kanker di masa depan.

2. Usia

Kanker hidung dapat terjadi pada semua umur, tetapi paling sering dialami pada orang dewasa antara usia 30 dan 50 tahun.

3. Makanan

Mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan risiko kanker hidung. Kanker ini lebih sering beberapa bagian Asia, Afrika Utara, dan Eropa. Makanan yang mengandung garam dan daging yang diawetkan dengan garam tinggi atau makanan asinan lebih sering di beberapa tempat ini. Makanan ini bisa mengandung banyak nitrat dan nitrit, yang disajikan dengan protein untuk membuat nitrosamin. Zat kimia ini dapat merusak DNA.

BACA JUGA :  Anak Ini Mampu Bertahan dari HIV Selama 8 Tahun, Tanpa Obat dan Virus Hilang
Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here