Beranda Teknologi Facebook secara keliru menyebut pria kulit hitam sebagai ‘primata’

Facebook secara keliru menyebut pria kulit hitam sebagai ‘primata’

227
0
Perangkat lunak pengenal wajah telah dikecam oleh para pembela hak-hak sipil yang menunjukkan masalah dengan akurasi, terutama yang menyangkut orang-orang yang tidak berkulit putih [Al Jazeera]

DETIKEPRI.COM, TEKNOLOGI – Raksasa media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg meminta maaf atas ‘kesalahan yang jelas tidak dapat diterima’ tetapi sebelumnya menghadapi tuduhan bias rasial.

Facebook telah mengumumkan bahwa mereka menonaktifkan fitur rekomendasi topik setelah salah mengira pria kulit hitam sebagai “primata” dalam sebuah video di jejaring sosial.

Seorang juru bicara Facebook menyebutnya sebagai “kesalahan yang jelas tidak dapat diterima” dan mengatakan perangkat lunak rekomendasi yang terlibat dibuat offline.

“Kami meminta maaf kepada siapa pun yang mungkin telah melihat rekomendasi ofensif ini,” kata Facebook dalam menanggapi penyelidikan AFP.

“Kami menonaktifkan seluruh fitur rekomendasi topik segera setelah kami menyadari hal ini terjadi sehingga kami dapat menyelidiki penyebabnya dan mencegah hal ini terjadi lagi.”

Perangkat lunak pengenalan wajah telah dikecam oleh para pembela hak-hak sipil yang menunjukkan masalah dengan akurasi, terutama yang berkaitan dengan orang-orang yang tidak berkulit putih.

Pengguna Facebook dalam beberapa hari terakhir yang menonton video tabloid Inggris yang menampilkan pria kulit hitam ditunjukkan prompt yang dibuat secara otomatis menanyakan apakah mereka ingin “terus melihat video tentang Primata,” menurut New York Times.

Video Juni 2020 yang dipermasalahkan, diposting oleh Daily Mail, berjudul, “Pria kulit putih memanggil polisi pada pria kulit hitam di marina.”

Sementara manusia termasuk di antara banyak spesies dalam keluarga primata, video itu tidak ada hubungannya dengan monyet, simpanse, atau gorila.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda