Beranda Lifestyle Mitos atau Fakta, Dilarang Makan Timun Saat Haid?

Mitos atau Fakta, Dilarang Makan Timun Saat Haid?

289
0

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Haid adalah sirkulasi bulanan terjadi pada setiap wanita yang sedang subur dan telah dewasa. Anehnya ada yang mengatakan jika wanita sedang haid dilarang makan timun, benarkah?

Makan timun saat haid ditabukan sebagian orang. Dikhawatirkan, kebiasaan ini dapat memicu penyakit kronis di masa depan. Benarkah demikian?

Masih banyak mitos seputar menstruasi berkembang di masyarakat. Dari sekian banyak mitos itu, larangan terhadap wanita memakan timun saat haid menjadi salah satu yang banyak dipercaya. Konon, makan mentimun saat datang bulan bisa membuat darah haid menempel di dinding rahim.

BACA JUGA :  Ini 5 Alasan Kalsium Sangat Vital untuk Ibu Hamil, Jangan Dianggap Remeh

Jika dibiarkan, lama-lama kondisi ini dapat menyebabkan kista dan kanker rahim. Benarkah demikian? Simak pendapat dokter di sini.

Makan Timun Saat Haid, Bolehkah?

Ditegaskan oleh dr. Reza Fahlevi, menstruasi dan timun tidak ada hubungannya dengan penyakit berbahaya, termasuk kista dan kanker rahim.

“Boleh-boleh saja tetap makan mentimun saat haid. Pada prinsipnya, selama nutrisi atau makanan yang dimakan setiap hari dan tidak berlebihan, ya, tidak masalah. Jadi, tidak benar jika mentimun bisa membuat darah haid menempel di dinding rahim,” jelasnya.

BACA JUGA :  Stress Bisa di Tandai Dengan Adanya Gangguan pada Kulit, Berikut 6 Gangguan Kulit Penyebab Stress

Mentimun sendiri merupakan buah yang mengandung banyak manfaat. Anda akan mendapatkan 14-19 persen dari kebutuhan vitamin K harian dalam satu cangkir mentimun.

Selain itu, mentimun juga banyak mengandung vitamin B dan C bersama dengan mineral seperti tembaga, fosfor, kalium, dan magnesium.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda