Beranda Lifestyle Mangan Mineral Penting Bagi Tubuh, Berikut Penjelasannya

Mangan Mineral Penting Bagi Tubuh, Berikut Penjelasannya

209
0

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Mangan adalah salah satu mineral yang dibutuhkan untuk tubuh, bahkan mineral satu ini menjadi penunjang kesehatan yang wajib dikonsumsi oleh setiap orang.

Seberapa jauh orang mengetahui zat mangan, dan dimana saja zat mineral ini berasal, lantas bagaimana cara mengetahui sumber zat mangan.

Ada beragam manfaat mangan bagi kesehatan. Mangan adalah salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan otak, sistem saraf, dan sistem enzim tubuh untuk menjalankan berbagai fungsinya.

BACA JUGA :  Inilah 9 Manfaat Daun Salam Yang Perlu Anda Tau

Tubuh kita tidak bisa memproduksi mangan. Maka dari itu, manfaat mangan hanya bisa diperoleh dari makanan yang kaya akan mineral ini, antara lain biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, kerang, tiram, remis, kopi, teh, dan air mineral.

Beragam Manfaat Mangan

Berikut ini adalah sejumlah manfaat mangan bagi kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan tulang

Bersama kalsium, zinc, dan tembaga, mangan bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Khususnya pada orang lanjut usia (lansia), mangan dan nutrisi-nutrisi ini dapat mendukung kepadatan mineral tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis hingga komplikasinya.

BACA JUGA :  Inilah 14 Manfaat Air Lemon, Yang Harus Anda Ketahui

2. Melawan radikal bebas berlebih

Mangan adalah bagian dari enzim antioksidan yang penting bagi tubuh, yakni enzim superoksida dismutase (SOD). Antioksidan ini berfungsi untuk melindung tubuh dari radikal bebas berlebih yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel, sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit kronis, seperti kanker.

3. Mengontrol kadar gula darah

Mangan adalah salah satu mineral yang terlibat dalam pengeluaran hormon insulin, yakni hormon yang diperlukan untuk mengangkut gula dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Dengan tercukupinya mangan, kerja insulin menjadi optimal, sehingga kadar gula dalam darah tetap stabil.

BACA JUGA :  Tak Ingin Menua Cepat, dan Pikun, Ayo Hindari Depresi

4. Meningkatkan fungsi dan kesehatan otak

Mangan dapat merangsang pergerakan impuls listrik yang lebih cepat dan efisien di dalam otak ataupun ke seluruh tubuh. Dengan begitu, fungsi otak, termasuk kemampuan berpikir, mengingat, dan memecahkan masalah, akan meningkat.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda