Beranda Berita Automotive Bangkitkan Kenderaan Listrik Lokal, PLN, Pertamina dan Inalum di tunjuk Bangun Ekosistem...

Bangkitkan Kenderaan Listrik Lokal, PLN, Pertamina dan Inalum di tunjuk Bangun Ekosistem Batrai

88
0

DETIKEPRI.COM, AUTOMOTIVE – Mendorong meningkatnya produksi mobil listrik dan untuk memenuhi hal ini dibutuhkan daya utama untuk penggerak kenderaan listrik tersebut.

Batrai menjadi komponen utama yang harus di pertimbangkan, terlebih lagi Batrai memiliki komplekasi yang cukup sulit di kembangkan.

Indonesia memiliki sumber daya pengembangan untuk Batrai, terlebih sumber batrai terdapat di Indonesia dengan jumlah yang sangat banyak.

BACA JUGA :  Listrik PLN untuk Bandara Letung Kepulauan Anambas Sudah Siap

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pemerintah menunjuk langsung PLN, Pertamina dan Inalum untuk membangun ekosistem Batrai untuk kenderaan listrik.

Pemerintah Indonesia terus menggencarkan optimalisasi ekosistem kendaraan listrik mulai dari hulu sampai hilir di dalam negeri.

Tidak hanya mendorong pabrikan menyajikan mobil dan motor listrik serta menyiapkan regulasi, industri pendukung seperti baterai juga sedang digenjot.

BACA JUGA :  Bali Memiliki Radiasi Matahari Cukup Baik, Ini Potensi Pemanfaatannya

Dinukil dari Liputan6, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, saat ini pihaknya tengah mengoordinasikan tiga perusahaan milik negara, yaitu PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero) dan PT Inalum, yang nantinya akan berkolaborasi memproduksi baterai mobil listrik.

“Ini contoh inovasi bisnis. Bahwa kita sedang membuat konsorsium antara PLN, Pertamina dan Inalum supaya kita masuk hulu sampai hilir,” kata Menteri Erick Thohir saat menggelar rapat dengan Komisi VI DPR RI, seperti disitat dari Bisnis Liputan6.com, Selasa (1/12/2020).

BACA JUGA :  Terjadi Penurunan Konsumsi Listrik Bintan - Batam, Selama Idul Fitri

Lanjutnya, selain produksi, Erick juga mengatakan akan membentuk pasar baterai mobil listrik di dalam negeri. “Kita tidak mau juga istilahnya market kita, kita tidak jaga,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda