Beranda Olah Raga Motogp : Fabio Pole Posision, Petronasi Tempati Grid 1 dan 2

Motogp : Fabio Pole Posision, Petronasi Tempati Grid 1 dan 2

174
0
BERBAGI
Fabio Quartararo berhasil raih pole position di sirkuti Jerez Spanyo | Photo : Motorsport.com

DETIKEPRI.COM, MOTOGP – Mengejutkan datang dari pembalap Petronas, Duo Petronas berhasil lahap grid 1 dan 2 di Sirkuti Jerez Spanyol, sementara itu Marc Marquez harus puas di posisi ke 3, sedangkan Lorenzo harus gagal di kualifikasi sebab terjatuh pada akhir qualifikasi.

Penampilan sensasional ditunjukkan rookie Fabio Quartararo. Ia posisi terdepan pada kualifikasi MotoGP Spanyol, sedangkan rekan setim Franco Morbidelli berhasil start kedua.
Sesi Q1 dibuka duo Yamaha: Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang menguasai dua besar. Menjelang pertengahan, Top Gun mengambil alih urutan teratas. Ketika memasuki detik-detik akhir, terjadi kejutan. Anak didik The Doctor, Francesco Bagnaia, merangsek posisi kedua.

BACA JUGA :  Dua Musim Kedepan Valentino Rossi Masih Bersama Yamaha

Rossi berupaya keras memperbaiki catatan waktunya, sayangnya tidak cukup. Pembalap Yamaha itu pun harus puas menempati grid ke-13, yang mana merupakan hasil kualifikasi terburuk kedua setelah Qatar (start ke-14) pada musim ini.

Beralih ke Q2. Hanya butuh dua lap saja bagi Marquez untuk mencetak catatan waktu di bawah 1 menit 37 atau tepatnya 1 menit 36,970 detik. Terlihat jelas sang juara dunia bertahan bakal keluar sebagai pole sitter. Namun, lagi-lagi terjadi kejutan.

BACA JUGA :  MotoGP Inggris: Vinales puncaki warm-up, Rossi ke-10

Secara tidak terduga, Quartararo melesat kencang dan menorehkan catatan waktu tercepat 1 menit 36,880 detik. Torehan rookie Petronas Yamaha SRT ini bahkan merupakan rekor lap di Circuito de Jerez – Angel Nieto, memecahkan milik Cal Crutchlow (2018).

Selain itu, El Diablo juga mencetak rekor sebagai pembalap termuda yang berhasil pole position di kelas premier dalam usia 20 tahun dan 14 hari. Sebelumnya catatan ini dipegang Marquez (20 tahun dan 62 hari).

BACA JUGA :  Valentino Rossi Mulai Waspadai Suzuki, Setelah Raih 2 Kali Podium

Keberhasilan skuat Petronas Yamaha SRT semaking lengkap saat Franco Morbidelli berhasil mengamankan grid kedua. Juara dunia Moto2 2018 ini mengungguli Marquez yang harus puas menghuni posisi ketiga. Sedangkan empat besar dilengkapi Andrea Dovizioso.

Maverick Vinales mengisi grid kelima, di depan Crutchlow dan Danilo Petrucci. Rekrutan baru Ducati ini sempat terjatuh di Tikungan 1 pada menit akhir kualifikasi. Sementara urutan kesembilan direbut Takaaki Nakagami yang mengalahkan Alex Rins dan Francesco Bagnaia.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here