Beranda Lifestyle Kanker Otak Sangat Berbahaya, Inilah 17 Gejala dan Penyebabnya

Kanker Otak Sangat Berbahaya, Inilah 17 Gejala dan Penyebabnya

263
0
BERBAGI
Kanker Otak Sangat Berbahaya, Inilah 17 Gejala dan Penyebabnya | Photo : Ilustrasi/Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Kanker otak merupakan penyakit yang mematikan, bahkan dalam kasusnya belum ada yang bisa selamat dari kanker otak, bahkan kanker otak lebih cenderung mengganggu kestabilitasan fungsi syaraf yang ada pada penderita.

Oleh sebab itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya kanker otak yang dapat mengakibatkan kematian dan tidak berfungsi dengan baik syaraf yang ada di tubuh kita.

Kanker otak adalah akibat dari pertumbuhan sel yang tidak normal di otak. Kanker otak dapat muncul dari sel-sel otak primer, sel-sel yang membentuk komponen otak lainnya (misalnya, membran, pembuluh darah), atau dari pertumbuhan sel kanker yang berkembang di organ lain dan yang telah menyebar ke otak oleh aliran darah (metastasis atau kanker otak sekunder).

Lantas seperti apa gejala kanker otak? Gejala yang muncul sangat tergantung di bagian otak mana tumor tersebut muncul. Selengkapnya simak gejalanya di bawah ini.

Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Otak yang Wajib Diwaspadai

Gejala tumor otak bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan lokasi tepat di otak. Berikut ini adalah gejala umum tumor dan kanker otak yang berisiko mengganggu kesehatan Anda, di antaranya:

1. Gejala serebral umum

Gejala kanker otak berupa perubahan mental yang ringan (psikomotor asthenia), yang dirasakan oleh keluarga dekat penderita berupa: mudah tersinggung, emosi, labil, pelupa, perlambatan aktivitas mental dan sosial, kehilangan inisiatif dan spontanitas, mungkin diketemukan ansietas dan depresi. Gejala ini berjalan progresif dan dapat dijumpai pada 2 atau 3 kasus.

2. Sakit kepala

Diperkirakan 1 % penyebab sakit kepala adalah tumor otak dan 30% gejala awal tumor otak adalah nyeri kepala. Sedangkan gejala kanker otak lanjut ditemukan 70% kasus.

Sifat nyeri kepala bervariasi dari ringan dan episodik sampai berat dan berdenyut, umumnya bertambah berat pada malam hari dan pada saat bangun tidur pagi, serta pada keadaan di mana terjadi peninggian tekanan tinggi intrakranial. Adanya nyeri kepala dengan psikomotor asthenia perlu dicurigai tumor otak.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here