Beranda Berita Lifestyle Lebaran Qurban Bentar Lagi, Ini Cara Masak Daging Kambing Supaya Empuk

Lebaran Qurban Bentar Lagi, Ini Cara Masak Daging Kambing Supaya Empuk

696
0
Daging Kambing

DETIKEPRI.COM, Lebaran Qurban sebentar lagi, masak daging qurban menjadi kegiatan para ibu-ibu saat lebaran ini, banyak orang bakal kesulitan masak daging supaya bisa empuk.

Untuk masak daging supaya empuk ada beberapa cara yang mudah tentunya, dan berikut penjelasannya

Kalau salah memasaknya, daging kambing bisa keras dan masih bau amis. Jangan bingung, ikuti tips masak daging kambing di sini, ya.

Sebentar lagi Idul Adha tiba! Rasanya sudah tak sabar ingin berkumpul dengan keluarga dan menikmati hidangan daging.

Selain sapi, daging kambing juga kerap jadi favorit. Namun, cara memasak yang salah justru bisa bikin daging kambing alot dan bau prengus.

Lalu, bagaimana cara masak daging kambing agar empuk dan tidak prengus? Simak di bawah ini, ya!

1. Tidak Perlu Cuci Daging

Dilansir dari klikdokter Menurut dr. Devia Irine Putri, kamu tidak perlu mencuci daging kambing sebelum diolah atau disimpan di lemari pendingin. Anjuran ini pun diungkapkan oleh USDA (United States Department of Agriculture).

BACA JUGA :  Usus Buntu Bisa Dialami Setiap Orang, Inilah 5 Pemicu Radang Usus Buntu Yang Harus di Waspadai

Artikel lainnya: Kiat Mengolah Daging Kambing Agar Tak Picu Penyakit

“Daging kambing tidak perlu dicuci kalau mau dimasak atau disimpan. Ini tujuannya untuk mencegah menyebarnya bakteri yang ada di daging ke peralatan masak atau ke sumber makanan lainnya,” ucap dr. Devia.

2. Iris Daging Kambing dengan Benar

Kunci dalam cara masak daging kambing yang empuk adalah mengiris daging dengan benar. Kamu bisa ikuti cara potong daging kambing berikut ini:

Agar irisan daging lembut, periksa arah serat otot. Potong melintang atau tegak lurus dengan serat otot daging
Jangan memotong daging searah dengan serat otot, karena daging bisa keras saat dimasak

BACA JUGA :  Daftar Harga Mobil Mewah Bupati Abdul Latif yang Disita KPK

Tips memotong daging kambing tersebut juga membantu memecah protein yang keras dan membuat bumbu rendaman (marinasi) terserap lebih mudah.

3. Marinasi Daging yang Lama

Kemudian, cara masak daging kambing agar empuk adalah menggunakan pepaya mentah. Rendam daging kambing di dalam pepaya mentah yang dihaluskan selama kurang lebih 2-3 jam.

Selain itu, gunakan juga marinasi dari kiwi atau lemon yang dicampur merica dan garam agar daging kambing tidak bau dan keras. Campuran ini dapat membantu proses pemecahan serat yang padat pada daging kambing.

Bila serat-serat terurai, daging bisa lebih empuk dan siap dimasak. Marinasi juga membuat daging kambing lebih lezat dan juicy!

BACA JUGA :  Buruan Beli Motor, Lagi ada Promo Gratis Cicilan 1 Kali Untuk Pembelian Honda Scoopy

4. Rebus atau Panggang Daging

Menurut dr. Devia, cara masak daging kambing yang paling sehat adalah dipanggang dan direbus. Hindari teknik menggoreng daging karena dapat menambah lemak.

Kemudian, merebus daging kambing perlahan sekitar tiga jam lebih pada suhu rendah dapat membantu membuat daging lebih empuk.

Menu kambing rebus apa yang enak? Kamu bisa coba bikin kari atau sup daging kambing!

Lalu, berdasarkan USDA, gunakan suhu hingga 71 derajat Celsius untuk memasak daging kambing giling. Sementara, cara memanggang steak daging kambing bisa dilakukan dengan suhu hingga 62 derajat Celsius.

Agar daging kambing tidak prengus dan lebih mantap, jangan ragu menambahkan rempah-rempah lainnya seperti ketumbar, bawang putih dan merah, jahe, dan sebagainya sesuai selera.