Beranda Lifestyle Gangguan Sendi Rahang, Inilah 11 Penyebabnya dan Cara Mengobati

Gangguan Sendi Rahang, Inilah 11 Penyebabnya dan Cara Mengobati

100
Gangguan Sendi Rahang, Inilah 11 Penyebabnya dan Cara Mengobati | Photo : Ist/Net/Red

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Sakit pada rahang terkadang dianggap sakit gigi dan rata-rata orang mengobatinya dengan obat sakit gigi. Inilah yang harus diketahui dan paham membedakan sakit gigi dan sakit pada sendi rahang atau bagian rahang.

Nyeri rahang adalah kondisi yang umum terjadi pada siapa pun. Penyebab rahang sakit dari kondisi yang ringan sampai serius seperti sakit gigi dan serangan jantung. Simak selengkapnya tentang apa yang menyebabkan sakit pada rahang dan perawatannya di bawah ini!

Penyebab Rahang Sakit

Sakit rahang bisa sangat mengganggu aktivitas keseharian, khususnya ketika makan dan berbicara. Sebagian besar kasus sakit rahang disebabkan oleh kelainan atau cedera pada sendi rahang, tetapi ada kemungkinan berbagai penyebab lainnya.

Berikut ini adalah sejumlah penyebab rahang sakit:

1. Gangguan Sendi Rahang (TMJ)

Penyebab yang pertama adalah salah satu yang paling umum mengakibatkan nyeri rahang. Gangguan Temporomandibular joint (TMJ) atau gangguan sendi rahang lebih sering terjadi pada wanita.

Seseorang mungkin mengalami kondisi ini jika rahang terluka atau setelah sakit. Artritis atau kondisi lain juga dapat menyerang tulang rawan yang membantu melindungi persendian.

Beberapa tanda dan gejala TMJ, termasuk suara klik saat membuka mulut, sakit kepala konstan, telinga berdengung, pusing, masalah penglihatan, dan sakit di sekitar telinga, wajah, atau rahang.

2. Sinus

Peradangan di rongga hidung dapat menyebabkan sinusitis. Kondisi ini cenderung terjadi jika mengalami pilek, tetapi alergi dan kondisi medis lainnya juga menyebabkan sinusitis.

Jika rongga sinus di belakang pipi (sinus maksilaris) meradang, kemungkinan menjadi penyebab rahang sakit di salah satu atau kedua sisi rahang. Gejala lain sinusitis, termasuk:

  • Hidung tersumbat yang menyebabkan sesak napas.
  • Keluar lendir kuning dan kehijauan dari hidung atau ke tenggorokan.
  • Sakit di wajah, tekanan, dan pembengkakan.
  • Tekanan dan rasa sakit di telinga dan kepala.
  • Kelelahan
  • Indra penciuman dan pengecap terganggu.

Sinusitis biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tetapi mungkin perlu memeriksa diri ke dokter jika sinus berlangsung lebih dari seminggu.

3. Radang Sendi

Mengalami jenis radang sendi yang dikenal sebagai rheumatoid arthritis, dapat menyerang sendi temporomandibular. Kondisi ini adalah penyakit autoimun, yaitu tubuh secara keliru menyerang jaringan sehat dan menyebabkan pembengkakan. Ini kemudian merusak tulang rawan yang membuat rahang bergerak, yang pada akhirnya terasa kaku dan sakit.

4. Nyeri Neuropatik

Nyeri neuropatik adalah penyebab rahang sakit yang terjadi ketika saraf mengalami kerusakan dan mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak. Gejalanya dapat berlangsung terus menerus atau hanya terjadi dari waktu ke waktu. Beberapa nyeri neuropatik, termasuk trigeminal neuralgiapostherpetic neuralgia, dan nyeri yang berhubungan dengan kanker.

5. Gangguan Vaskular

Masalah yang terjadi pada sistem vaskular terkadang dapat menyebabkan sakit rahang. Beberapa contoh kondisi vaskular, termasuk arteritis temporal (arteritis sel raksasa) dan angina (angin duduk).

Tinggalkan Balasan