Beranda Lifestyle Mulut Terasa Pahit, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mulut Terasa Pahit, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

53
Mulut Terasa Pahit, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya | Photo : Ist/Net/Red/Kes

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Terkadang tiba-tiba mulut terasa pahit dan sulit menelan makanan dan minuman padahal tidak mengkonsumsi atau memakanan makanan pahit.

Mulut pahit sering terjadi namun tidak semua orang mengetahui penyebab dan cara menghilangkannya.

Mulut pahit bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari apa yang Anda konsumsi, kebiasan tertentu, hingga masalah medis yang serius. Lantas, kapan mulut terasa pahit perlu dikhawatirkan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenali Berbagai Penyebab Mulut Pahit

Pada dasarnya, rasa pahit ataupun rasa lainnya yang terasa di mulut adalah reaksi sederhana terhadap sesuatu yang Anda makan. Namun, jika rasa tertentu tidak hilang selama beberapa waktu atau terjadi berulang kali, sepertinya hal itu bukanlah reaksi sederhana.

Berikut adalah berbagai kondisi yang menyebabkan mulut pahit, di antaranya:

1. Dehidrasi

Penyebab mulut terasa pahit yang sering dialami oleh banyak orang adalah dehidrasi. Kondisi ini membuat mulut kering dan dapat mengubah indra perasa. Meski hal ini adalah sesuatu yang tidak perlu ditangani dengan serius, membiarkan tubuh mengalami dehidrasi terlalu lama bisa mengganggu fungsi tubuh lainnya.

2. Merokok

Selain dehidrasi yang bisa mengganggu indra perasa, merokok ternyata juga bisa menyebabkan hal yang sama. Aktivitas ini akan meninggalkan rasa asam atau rasa tidak enak di mulut. Kebiasaan ini membuat penumpukan plak di rongga mulut. Selain di gigi, plak juga bisa menempel di lidah sehingga mengganggu fungsi pengecapan.

3. Tidak Menyikat Gigi dengan Benar

Rasa pahit di mulut ternyata juga bisa disebabkan oleh cara Anda menyikat gigi. Kebersihan mulut yang buruk sering dapat menyebabkan rasa tidak enak di mulut. Selain itu, tumpukan kuman dan bakteri yang berasal sisa makanan yang tidak tersapu bersih dari dalam mulut juga bisa memicu bau mulut.

4. Infeksi atau Penyakit Tertentu

Ketika Anda sakit (misalnya, infeksi pilek atau sinus) indra perasa mungkin dapat merasakan efeknya. Selain itu, mulut pahit juga bisa terjadi saat demam. Namun demam bukanlah penyakit melainkan sebuah gejala dari penyakit tertentu. Namun saat kondisi kesehatan membaik, rasa pahit di mulut biasanya juga akan hilang.

5. Konsumsi Obat dan Menjalani Perawatan Kanker

Rasa pahit di mulut juga bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi. Selain obat resep seperti antibiotik yang dapat menyebabkan kondisi ini, obat-obatan yang dijual bebas seperti antihistamin juga dapat meninggalkan rasa tidak enak di mulut.

Tinggalkan Balasan