Beranda Liputan Khusus Sejarah dan Budaya Sejarah Islam Periodik Klasik Oleh Prof. Dr. Hasan Asari, MA

Sejarah Islam Periodik Klasik Oleh Prof. Dr. Hasan Asari, MA

834
0
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). (Foto: Ilustrasi/Hidayatullah)
IKLAN

DETIKEPRI.COM, SYIAR – Sejarah Islam periode klasik membentang enam setengah abad, yakni dari tahun 600 hingga tahun 1258 dalam penanggalan Masehi. Dalam rentang waktu ini, wahyu Islam diterima oleh Nabi Muhammad S.A.W dan kemudian menjadi fondasi bagi perkembangan masyarakat dan peradaban Islam ke abad-abad berikutnya.

Dalam periode klasik ini umat Islam berhasil membangun satu sistem politik yang sangat maju dan kuat. Begitu pula umat Islam berhasil membangun satu aktivitas keilmuan yang mengagumkan, dan terbaik di zamannya. Dengan sistem politik yang mapan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, umat menjadi penguasa ekonomi dunia.

BACA JUGA :  2 Tahun Dihentikan, Gubernur Ansar Lepas Pelayaran Perdana Karimun-Malaysia

Perkembangan Keagamaan

Sejarah Islam bermula dengan peristiwa turunnya wahyu Al-Qur’an dari Allah S.W.T kepada Nabi Muhammad S.A.W pada 611 Masehi.

Ayat-ayat Al-Qur’an turun secara berangsur dalam waktu lebih dari dua dekade, sebagiannya di Makkah yang lainnya di Madinah.

Praktis, Nabi Muhammad S.A.W tidak pernah berhenti menerima wahyu dari Allah S.W.T selama karirnya, mulai dari berusia 40 tahun hingga wafatnya di usia 63 tahun.

BACA JUGA :  Cek Ketersediaan Minyak Goreng, Polsek Lubuk Baja Turun Langsung
1
2
3
4
5
6
7
SebelumnyaDigitalisasi Menjadi Terobosan dalam Peningkatan Produksi Migas Nasional
SelanjutnyaUlasan jangka panjang Xiaomi Redmi Note 9 Pro (Max)
DETIKEPRI Menugaskan Putra Piasaulu sebagai Wartawan untuk Media Online dibawah naungan PT. SANG PENULIS MELAYU. "Menulis adalah satu kegiatan yang menyenangkan, oleh sebab itu menjadi seorang wartawan adalah pekerjaan yang tak mengenal lelah, dan selalu memberikan kreatifitas dan tulisan yang menarik".