Beranda Lifestyle Kaya Manfaat Ternyata Air Jahe Baik di Konsumsi Setiap Hari, Ini 7...

Kaya Manfaat Ternyata Air Jahe Baik di Konsumsi Setiap Hari, Ini 7 Manfaat dan Penjelasannya

0
Kaya Manfaat Ternyata Air Jahe Baik di Konsumsi Setiap Hari, Ini 7 Manfaat dan Penjelasannya | Photo : Istimewa/Net

KESEHATAN – Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai minuman dan makanan yang barasal dari alam, yang kaya manfaat seperti jahe dan tanaman lainnya.

Mengkonsum bahan-bahan alami justru akan memperkuta imun tubuh dan menjaga dari berbagai penyakit, namun harus memiliki pengetahuan dan cara pengelolaan yang baik.

Air jahe merupakan salah satu minuman tradisional yang tidak asing di Indonesia. Minuman yang menghangatkan ini bahkan menjadi konsumsi sehari-hari bagi sebagian orang. Selain menghangatkan, ternyata tersimpan berbagai manfaat air jahe untuk kesehatan. Apa saja manfaat tersebut?

Manfaat Air Jahe Jika Rutin Diminum

Jahe memang tidak hanya dikenal sebagai bumbu masakan saja, tapi juga dikenal sebagai herbal yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Air jahe menjadi salah satu cara paling popular untuk menikmati jahe.

Berikut adalah 7 manfaat air jahe apabila rutin diminum setiap hari:

1. Sumber Antioksidan

Manfaat air jahe yang pertama adalah dapat menjadi sumber antioksidan.

Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel-sel tubuh. Konsumsi antioksidan umumnya berasal dari makanan dan minuman seperti air jahe.

Berkat konsumsi air jahe sebagai antioksidan ini, risiko beberapa penyakit seperti penyakit jantung, penyakit neurodegeneratif, hingga kanker dapat berkurang.

2. Mengatasi Peradangan

Peradangan adalah hal yang umum dialami oleh tubuh.

Konsumsi air jahe dipercaya dapat menjadi salah satu cara untuk meredakan peradangan kronis. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi reaksi alergi. Seperti yang kita ketahui, peradangan berperan dalam timbulnya reaksi alergi.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi jahe setiap hari menurunkan risiko nyeri otot setelah berolahraga. Nyeri otot juga umumnya disebabkan oleh peradangan.

3. Meredakan Mual

Manfaat air jahe untuk meredakan mual memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Air jahe digunakan untuk mengatasi mual pasca operasi, mual sebagai efek samping kemoterapi, mual akibat infeksi virus, bahkan mual pada ibu hamil atau disebut juga morning sickness. Beberapa sudah dibuktikan dalam penelitian bahwa jahe secara efektif menurunkan mual dan muntah.

Tinggalkan Balasan