Beranda Syiar Islam 30 Fakta Mengagumkan, Wanita Perkasa Sahabiyah Nusaibah Binti Ka’ab, Yang...

30 Fakta Mengagumkan, Wanita Perkasa Sahabiyah Nusaibah Binti Ka’ab, Yang Kematiannya Disambut Ribuan Malaikat

195
0
BERBAGI
Inilah Kisah Nusaibah Binti Ka'ab Radhianlahu Anha, Wanita Perkasa, Kematiannya Disambut Ribuan Malaikat
Inilah Kisah Nusaibah Binti Ka'ab Radhianlahu Anha, Wanita Perkasa, Kematiannya Disambut Ribuan Malaikat | Photo : ilustrasi/ist

DETIKEPRI.COM, SYIAR ISLAM – Berikut ini adalah fakta greget salah satau sahabat wanita (shahabiyah) yang dikenal dengan julukan perisai Rasulullah, siapakah dia? beliaulah Nusaibah binti Ka’ab, radhiyallohu anha. 

Seorang sahabiyah yang menorehkan namanya dalam catatan tinta emas sejarah Islam. Dan berikut ini fakta-fakatanya, selamat membaca!

1. Nusaibah binti Ka’ab alias Ummu Umarah adalah seorang shahabiyah (sahabat nabi dari kalangan perempuan) dengan skill bertarung tingkat tinggi dan keberanian jauh di atas manusia normal. 

2. Sebagai ibu, dia ibu yang sukses mendidik anak-anaknya menjadi para ksatria hebat.

Sebagai istri, dia istri yang bertanggung jawab dan mampu menjalankan tugas serta kewajibannya dengan baik. 
Sebagai kesatria, dia termasuk pendekar perempuan hebat dan pemberani bahkan di antara para sahabat laki-laki. 

3. Nusaibah mengikuti banyak pertempuran yaitu Perang Uhud, Perang Khaibar, Perang Hunain, Perang Yamamah, Perang Bani Quraidzah, dan juga peristiwa-peristiwa penting seperti Perjanjian Hudaibiyah, umrah qadha, Baiatur Ridwan dan Fatkhu Makkah, 

4. Aksi gregetnya dimulai ketika dia beserta suami dan 2 anaknya mengikuti Perang Uhud. Nusaibah berperan sebagai support dan medic yang memberi minum dan merawat prajurit muslimin yang terluka.
Awalnya 700an prajurit muslimin dengan mudah berhasil memukul mundur 3000an pasukan Quraisy. Sayangnya gara-gara 43 dari 50 pemanah meninggalkan pos pertahanan di atas bukit, keadaan berbalik. Muslimin yang tadinya lagi asyik nguber-uber pasukan Quraisy, tanpa sadar sudah terkepung. Korban pun berjatuhan. Bahkan banyak sahabat senior yang syahid. 

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here