Beranda Ekonomi & Bisnis Presiden El Salvador Bukele bakal jadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran sah

Presiden El Salvador Bukele bakal jadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran sah

432
0
Presiden Bukele akan segera mengusulkan RUU untuk secara resmi menerima cryptocurrency sebagai uang legal [File: Dado Ruvic / Reuters]

DETIKEPRI.COM, EKBIS – Langkah tersebut, jika disetujui, akan menjadikan El Salvador sebagai negara pertama di dunia yang secara resmi menerima cryptocurrency sebagai uang legal.

El Salvador mungkin menjadi negara pertama yang membuat tender legal Bitcoin setelah Presiden Nayib Bukele mengumumkan dia akan segera mengusulkan RUU yang dapat mengubah ekonomi yang bergantung pada pengiriman uang.

Langkah itu akan membuat negara Amerika Tengah itu menjadi yang pertama di dunia yang secara resmi menerima cryptocurrency sebagai uang legal dan akan “memungkinkan inklusi keuangan ribuan orang yang berada di luar ekonomi legal”, kata Bukele pada hari Sabtu.

BACA JUGA :  Nilai pasar Crypto mencapai $ 1 triliun karena bitcoin mencapai rekor baru

“Minggu depan, saya akan mengirimkan ke Kongres RUU yang membuat Bitcoin menjadi uang legal,” katanya dalam pesan video ke konferensi Bitcoin 2021 di Miami.

Dia mengatakan RUU itu bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja di negara di mana “70 persen penduduknya tidak memiliki rekening bank dan bekerja di ekonomi informal”.

Pemerintah belum memberikan rincian RUU tersebut, yang akan membutuhkan persetujuan dari parlemen yang didominasi oleh sekutu presiden.

BACA JUGA :  Maraknya Virtual Currency, BI Tidak Akui Sebagaia Pembayaran Sah

Remittances from Salvadorans working overseas represent a major chunk of the economy – equivalent to roughly 22 percent of gross domestic product (GDP).

Last year, remittances to the country totalled $5.9bn, according to official reports.

Strike, a mobile payments app that launched in El Salvador in March, said in a statement that it welcomed the legislation and was working with the country to make using Bitcoin technology a success.

BACA JUGA :  Maraknya Virtual Currency, BI Tidak Akui Sebagaia Pembayaran Sah

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda