Beranda Teknologi Hati-hati Pengguna Facebook, Anda Rawan di Pidana

Hati-hati Pengguna Facebook, Anda Rawan di Pidana

660
0
BERBAGI
Applikasi Facebook Di Androit (Photo: Ist/Detikepri.com)

DETIKEPRI.COM- TEKNOLOGI, Berhat-hati bagi pecinta Facebook, applikasi media sosial tanpa penyaringan, siapapun kita dapat menggunakan media tersebut. Applikasi facebokk adalah sebuah applikasi yang dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Tanpa di sadari pengguna Facebook yang menghujat dan melakukan pencemaran nama baik dapat di pidana.

Melalui pengamatan Detikepri.Com berbagai macam aktifitas publik selalu di sheer di media sosial facebook. Media sosial tersebut dapat menjadi unsur media pendidikan, namun juga mampu menjadi unsur media negatif (Hoax) atau pencemaran nama baik.

BACA JUGA :  Fitur Kencan Facebook Bocor, Begini Penampakannya

Contohnya, menghujat dan melakukan pencemaran nama baik melalui media sosial  dapat dikenakan pidana pencemaran nama baik berdasarkan Undang Undang ITE.

Dalama undang-undang, pencemaran nama baik di atur dalam pasal 27 ayat (3) jo pasal 45 ayat (1) yang masing-masing di kutip sebagai berikut,

“setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentrasmisikan dan atau membuat dapat di aksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang bermuatan penghinaan  dan atau pencemaran nama baik.

BACA JUGA :  LG Bakal Hadirkan Proyektor HU80K Series Andalan Terbarunya Pada CES 2018 Pekan Depan

Merujuk pada pasal 45 ayat (1), setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3) atau ayat (4) dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000.00 (satu milyar rupiah).

Maraknya curahan hati dan kekesalan hingga melakukan tendensisus kepada nama baik seseorang di media sosial, membuat para pengguna facebook tidak dapat mengontrol, rawan akan pelanggaran tersebut.

BACA JUGA :  Asus ZenFone Max Plus M1 Prosesor Minimal, Baterai Maksimal
Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here