Beranda Berita Daerah Kapolsek Siantan Beserta Jajaran Mendatangi Makoramil 02 Tarempa

Kapolsek Siantan Beserta Jajaran Mendatangi Makoramil 02 Tarempa

213
0
Kapolsek Siantan Beserta Jajaran Mendatangi Makoramil 02 Tarempa | Photo : Rohadi

DETIKEPRI.COM, TAREMPA – Ditengah Merbak Wabah Pademi Covid – 19 Di Indonesia Namun Para Prajurit TNI Tetap Tidak Lupa Dengan Hari Jadi Tentara Nasional Indonesia.

“Melalui perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dari ancaman Belanda yang ingin kembali berkuasa menjajah Indonesia melalui kekerasan senjata.

“Kelahiran TNI pada awalnya merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan selanjutnya diubah kembali menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Mengutip sejarah (Wikipedia). Untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata. TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat, maka pada tanggal 3 Juni 1947 Presiden Soekarno mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara resmi.

Setelah Konferensi Meja Bundar (KMB) pada bulan Desember 1949, Indonesia berubah menjadi negara federasi dengan nama Republik Indonesia Serikat (RIS). Sejalan dengan itu maka dibentuk pula Angkatan Perang RIS (APRIS) yang merupakan gabungan antara TNI dan KNIL. Pada tanggal 17 Agustus 1950, RIS dibubarkan dan Indonesia kembali menjadi negera kesatuan, sehingga APRIS berganti nama menjadi Angkatan Perang Republik Indonesia (APRI).

Seiring waktu, Pada tahun 1962, dilakukan upaya penyatuan antara angkatan perang dengan kepolisian negara menjadi sebuah organisasi yang bernama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).

Penyatuan satu komando saat itu dilakukan dengan tujuan untuk mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi dalam melaksanakan perannya dan menjauhkan pengaruh dari kelompok politik tertentu.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda