Beranda Automotive Toyoto Gelontorkan Dana $2,8 Miliar Untuk Ciptakan Mobil Otonom

Toyoto Gelontorkan Dana $2,8 Miliar Untuk Ciptakan Mobil Otonom

959
0
BERBAGI
Ilustrasi Mobil Otonom Produk Toyota | Foto : Inet

DETIKEPRI.COM, AUTOMOTIVE – Masa depan kendaraan, kini tertuju pada sistem elektrikal yang memungkinkan mobil melaju sendiri tanpa kendali manusia. Inilah yang ingin dituju para produsen mobil dunia. Dan seolah berlomba untuk jadi yang pertama menciptakan teknologi bernama otonom itu.

Salah satunya, Toyota. Pabrikan asal Jepang ini, bahkan merogoh kocek dalam, hingga US$ 2,8 miliar untuk membuat perusahaan baru yang diberi nama Toyota Research Institute-Advanced Development (TRI-AD).

Dalam melakukan pengembangan, Toyota dibantu dua supplier yang khusus membantu menciptakan teknologi otonom. Mereka adalah Denso Corp. dan Aisin Seiki Co,. Sedangkan komposisi saham yang terdapat pada TRI-AD, terdiri dari Toyota 90 persen dan sisanya milik Denso dan Aisin.

BACA JUGA :  McLaren Cetak Rekor Penjualan 2017

James Kuffner dipilih tiga perusahaan Jepang ini sebagai pemimpin dalam pengembangan mobil otonom. Sebanyak 1.000 ahli diprediksi bakal jadi bagian dalam penelitian yang dilakukan TRI-DI. Tujuannya, untuk membuat peranti lunak yang bekerja lebih efektif .

“Membangun perangkat lunak berkualitas baik, menjadi faktor penentu keberhasilan teknologi otonom yang bakal digunakan Toyota. Misi perusahaan ini, mempercepat pengembangan serta penelitian perangkat lunak yang bekerja dengan baik dan efektif. Ini bisa meningkatkan kemampuan Toyota Group di masa depan dengan cara perekrutan insinyur perangkat lunak kelas dunia,” terang Kuffner seperti dilansir dari reuters.

BACA JUGA :  Mesin K15B Irit Bahan Bakar, Ini Alasan All New Ertiga 2018 Gunakan Mesin Ini

Pembentukan TRI-AD, menjadi usaha Toyota untuk mengejar langkah yang telah dilakukan Waymo dan Tesla Inc,. Kedua perusahaan ini, sudah lebih dulu menyatakan keseriusan mereka dalam mengembangkan teknologi masa depan dan melakukan investasi hingga miliaran dolar.

Bulan lalu, pabrikan Jepang ini melalui unit modal ventura Toyota Research Institute, berniat melakukan investasi US$11,5 juta untuk perusahaan startup bernama May Mobility.

BACA JUGA :  Piagio Luncurkan Skuter Matic, 2019 Bakal Masuk Pasar Asia

Perusahaan yang bermarkas di Ann Arbos, Michigan, Amerika Serikat, menyediakan layanan mobil otonom di kawasan itu. Diharapkan, mereka lebih berkembang berkat adanya tambahan dana yang diberikan Toyota. (Ptr)

sumber : oto

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here