Beranda Automotive Keren Anak Bangsa Ciptakan Bus Listrik, Yuk Kita Intip Spesifikasinya

Keren Anak Bangsa Ciptakan Bus Listrik, Yuk Kita Intip Spesifikasinya

2028
0
BERBAGI
Bus Listrik Buatan Anak Bangsa Dalam Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 | Foto : Istimewa

DETIKEPRI.COM, AUTOMOTIVE – Satu keberhasilan yang luar biasa yang patut di apresiasi untuk anak bangsa yang telah mendedikasikan dirinya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa ini, BUS Listrik yang baru-baru ini menghebohkan jagad perindusterian, sebab hasil karya ini memiliki tampilan yang sangat baik dan menawan, walau tidak semua komponen itu milik dari produksi lokal sendiri.

Dalam kesempatan itu besar harapan bagi kita semua semoga kiranya 100% komponen bisa dibuat dan diciptakan dari lokal, sehingga sempurnalah produk yang benar-benar karya anak bangsa dengan talenta yang luar biasa.

BACA JUGA :  Toyota Land Cruiser 2020 Pakai Mesin Bensin V6

Seperti yang dikuti dari laman oto.com, Pameran bertajuk Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 berakhir. Di gelaran yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) itu, terbesit satu harapan datangnya era kendaraan niaga bermesin listrik di Tanah Air. Ini digaungkan oleh PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang secara spesial mengkhususkan diri jadi pembuat bus bertenaga listrik.

Dalam pameran itu, MAB memamerkan prototipe bus listrik buatannya. Terdapat dua bus yang mereka pamerkan, satu di bagian dalam Hall A. Satu unit lainnya ada di pelataran Jakarta Convention Center (JCC) tempat berlangsungnya pameran yang dilaksanakan selama 1-4 Maret tersebut. Bus ini rencananya dipasarkan dan digunakan sebagai alat transportasi di perkotaan serta wilayah khusus seperti bandara. Lantas seperti apa spesifikasi yang diusung oleh bus yang diklaim sebagai karya anak bangsa ini?

BACA JUGA :  Ini Dia Sedan Kompak Bertenaga Listrik, BMW i4

Bus MAB memiliki dimensi panjang 12.000 mm, lebar 2.500 mm dan tinggi 3.720 mm. Jarak sumbu roda mencapai 5.950 mm serta ground clearence 250 mm. Kendaraan ini dapat menampung 60 orang, dengan komposisi penumpang duduk dan berdiri. Diklaim pula ramah bagi difabel, atau mereka yang berkebutuhan khusus. Karena MAB merancangnya dengan pintu rendah dan adanya jembatan untuk memudahkan pengguna kursi roda masuk ke bagian dalam.

BACA JUGA :  Hyundai Jadi Mobil Internasional Yang Bakal Ditargetkan Trump

Kendaraan yang dipamerkan dengan nomer seri MD255-XBE1 itu, menggunakan motor elektrik HYQ 800-1200 sebagai penggeraknya. Motor ini dapat menghasilkan tenaga hingga 268 Hp dan torsi maksimal 2.400 Nm. Sedangkan sumber tenaganya berasal dari baterai berkapasitas 259,2 kWh yang bobotnya mencapai 2.290 kg.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here