Beranda Automotive Daihatsu Taft Kembalikan Kenangan Lama, Dengan Sentuhan Futuristik

Daihatsu Taft Kembalikan Kenangan Lama, Dengan Sentuhan Futuristik

255
Daihatsu Taft Kembalikan Kenangan Lama, Dengan Sentuhan Futuristik | Photo : PP/Net

AUTOMOTIVE – Bakal menjadi pesaing bagi Suzuki Jimmy, Daihatsu Taft akan membuka memory lama yang telah hilang.

Hadirnya Daihatsu Taft melengkapi jajaran mobil yang hidup kembali dari masa lalu, setelah hilang dalam waktu yang cukup lama.

Nama Taft resmi masuk kembali dalam jajaran model Daihatsu. Namun, tak lagi berjenis jip offroader seperti dulu, melainkan beralih rupa jadi mobil kota imut alias Kei Car.

Pertama kali dipamerkan sebagai model konsep tahun lalu di Tokyo Auto Salon. Kini masuk dalam fase pemasaran. Keran pemesanan (pre-order) sudah dibuka. Perkiraan meluncur Juni mendatang.

Taft merupakan akronim dari ‘Tough and Almighty Fun Tool’. Sosoknya tergambar jelas sesuai penamaan itu. Pada dasarnya, ialah versi model massal dari unit konsep WakuWaku, yang dipertontonkan di Tokyo Motor Show 2019.

Ukuran tubuh hampir sebesar Tanto yang duluan dijual. Panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.630 mm. Diprediksi, unit produksi nanti tak akan jauh berbeda seperti konsep.

Waktu order dibuka sampai 31 Mei mendatang. Konsumen yang memesan selama periode itu berkesempatan mendapatkan beberapa hadiah, seperti album foto spesial, speaker nirkabel Bluetooth, ceret elektrik sampai pembuat kopi portabel.

Saat tampil perdana, Taft tetap bergaya SUV tangguh. Aksen bodinya kaku dan banyak sudut mengotak. Miri Tanto tapi lebih macho. Wajah mengotak dengan hidung tinggi dan pendek. Bumper besar dengan profil tebal menghiasi. Area itu menyatu dengan fender kontras di roda depan.

Atap menganut model kaca. Tak diketahui apakah disematkan sunroof nantinya. Melihat keatraktifan desainnya, seolah ingin menyaingi kembali Suzuki Jimny.

Dalam form pemesanan online di situs resmi, Taft disuguhkan dalam dua pilihan warna: Blue Lake Metallic dan Forest Khaki Metallic. Keduanya punya rupa grille berbeda. Bila biru lebih elegan tanpa kisi-kisi, hanya logo Daihatsu dan emblem Taft. Kelir hijau lebih garang dengan grille kromium dan emboss Taft.

Belum tersedia informasi soal detail spesifikasi. Tapi layaknya Kei Car di Jepang, Taft disinyalir memakai mesin kecil 660 cc tiga silinder turbo. Spek umum mobil kota Jepang sekarang yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

Tinggalkan Balasan