Beranda Lifestyle Bunda, Jangan Biarkan Anak Menyusus Terlalu Lama, Bisa Merusak Gigi

Bunda, Jangan Biarkan Anak Menyusus Terlalu Lama, Bisa Merusak Gigi

268
0

DETIKEPRI.COM, BALITA – Menyusui anak adalah kegiatan yang sangat positif untuk tumbuh kembang sang buah hati, namun harus diperhatikan rentang waktu menyusunya.

Sebab jika terlalu lama juga tidak baik bagi kesehatan gigi anak, hal ini dijelaskan secara ilmiah dan dapat menjadi rujukan ya bunda.

Menyusu terlalu lama dipercaya bisa berdampak buruk pada kesehatan gigi bayi. Benarkah terlalu lama menyusu bisa merusak gigi? Ini faktanya.

BACA JUGA :  Jangan Larang Anak Bermain, Ini Manfaat Untuk tumbuh kembangnya

Pada kenyataannya, terkadang sangat sulit untuk melepaskan anak dari kegemarannya minum susu dari botol, khususnya di malam hari. Hati-hati, gigi anak bisa terkena dampak buruk akibat terlalu lama menyusu.

Menurut Community Dental Health Journal, ada tiga faktor dari kebiasaan menyusu dan minum dari botol susu yang dapat memengaruhi terjadinya karies gigi.

BACA JUGA :  Tingkatkan Tumbuh Kembang Anak, Ini 9 Manfaat Asam Amino Esensial

Faktor-faktor tersebut yaitu bayi terlalu lama menyusu lebih dari 18 bulan, kebiasaan memberikan susu di malam hari untuk menghentikan tangisnya, dan memberikannya supaya bisa tertidur.

Efek Menyusu Terlalu Lama pada Gigi Bayi

Para orangtua sebaiknya berhati-hati, karena efek menyusu terlalu lama dapat meningkatkan risiko gigi anak menjadi “grepes” dan bolong.

BACA JUGA :  Bunda, Inilho manfaat menyusui lebih dari 2 Tahun, Jangan Risau Ya

Gigi anak yang biasanya rusak akibat terlalu lama menyusu umumnya adalah gigi seri atas. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan gigi lainnya ikut terkena dampaknya.

Beberapa jenis susu formula rasanya memang tidak manis dan tidak ditambahkan gula. Namun, gula alami di dalam susu yaitu laktosa dapat mengendap di permukaan gigi anak.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda