Beranda Advertorial Ingin Tinggal dan Berkuliah di Kota Batam? Berikut 5 Hal yang Perlu...

Ingin Tinggal dan Berkuliah di Kota Batam? Berikut 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu

78
Ingin Tinggal dan Berkuliah di Kota Batam? Berikut 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu | Photo : Katarsa ID

DETIKEPRI.COM, ADVERTORIAL – Kota Batam, kota perbatasan yang telah menjelma menjadi kawasan metropolitan, juga menarik jadi lokasi untuk menempuh pendidikan tinggi. Buat kamu yang ingin tinggal dan atau berkuliah di Kota Batam, coba simak dulu beberapa hal yang perlu kamu tahu berikut.

Kota Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Dengan jarak yang dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, kota ini juga dikenal sebagai destinasi wisata kuliner dan belanja bagi wisatawan mancanegara. Tak hanya itu, perekonomian di kawasan ini juga dinilai stabil.

Batam memang bisa dibilang identik dengan jalur perdagangan antara Indonesia dan Singapura serta Malaysia. Seiring berjalannya waktu, kota ini juga berkembang pesat dengan berbagai macam fasilitas penunjangnya seperti pada bidang pendidikan. Salah satu institusi pendidikan di Batam yang juga diunggulkan adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA).

ITEBA adalah kampus bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Kepulauan Riau, yang peduli pada peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM pada Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika (STEM).

Untuk kamu anak rantau atau yang ingin mengenal serba-serbi tentang Batam, dan bagaimana tinggal atau bahkan berkuliah di Kota Batam, simak ulasan dari ITEBA berikut.

Serba-Serbi Batam

Batam bisa dibilang terletak pada wilayah yang strategis, berada di jalur pelayaran internasional. Kota ini berjarak dekat dan berbatasan dengan Singapura dan Malaysia, dan kerap dikunjungi oleh wisatawan dari negara tersebut, selain juga para perantau lainnya.

Seiring dengan perkembangannya, kota ini juga diimbangi dengan pertumbuhan penduduk yang juga pesat. Pertumbuhan penduduknya mencapai ratusan kali lipat sejak 40 tahun silam.

Jika pada tahun 1970an, penduduk kota ini hanya berkisar 6000-an, maka pada tahun 2015, penduduk kota Batam telah mencapai 1.037.187 jiwa.

Penduduk Batam

Batam sendiri memiliki penduduk yang cukup padat, jika dibandingkan dengan luas wilayahnya. Hal ini karena laju pertumbuhan penduduk di kota yang terus meningkat setiap tahunnya.

Masyarakat Batam juga dapat dikatakan sangat beragam. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai macam latar belakang suku dan golongan yang menjadi satu kesatuan di wilayah ini.

Tinggalkan Balasan