Beranda Liputan Khusus Syiar Islam Waktu-Waktu Mujarab untuk berdoa, Berikut 11 Waktu Mujarab

Waktu-Waktu Mujarab untuk berdoa, Berikut 11 Waktu Mujarab

1036
0

DETIKEPRI.COM, SYIAR – Berdoa tentu kegiatan rohani yang dilakukan setiap orang, terutama yang beragama Islam, dalam Islam sendiri di percaya ada waktu-waktu tertentu yang membuat doa kita mujarab.

Waktu mustajab untuk berdoa merupakan saat segala keinginan lebih mungkin dikabulkan. Berdoa adalah momen seorang hamba bisa berkomunikasi langsung dengan sang Pencipta, Allah SWT. Doa ditujukan untuk memohon dan meminta segala sesuatu, maksudnya hajat yang baik.

Mulai dari rezeki, kesehatan, sampai kelamatan di dunia dan akhirat. Waktu mustajab untuk berdoa yang bisa dijumapi setiap hari adalah dalam sujud, setelah salat, di sepertiga malam terakhir, serta di antara azan dan iqamah.

Sementara waktu mustajab untuk berdoa yang istimewa adalah saat puasa, sahur, di malam Lailatul Qadar, hari Arafah, saat turun hujan, hari Jumat, dan saat minum air zam-zam.

Dan apabila hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwa Aku dekat. Aku menjawab panggilan (doa)-nya orang yang berdoa ketika ia berdoa kepada-Ku.(QS. Al-Baqarah: 186)

BACA JUGA :  Fantastis, Xpender Ungguli Penjualan LMPV Total Lebih dari 60 Ribu

Para ulama pun mengajarkan untuk selalu memanjatkan berdoa, terutama di waktu mustajab untuk berdoa. Meski hajat yang dipanjatkan selalu sama dan sangat remeh. Sebab saat seseorang tak berdoa, ia sudah dianggap sombong.

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Saat Puasa dan Berbuka Puasa

Waktu mustajab untuk berdoa yang pertama adalah saat seseorang sedang menjalankan ibadah puasa. Bukan hanya saat sedang puasa, tetapi ketika buka puasa tiba pun termasuk waktu mustajab untuk berdoa.

Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa, akan dikabulkan.” dari hadits Jabir bin ‘Abdullah (HR. Al-Bazaar).

Al-Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid 10: 14. Dijelaskan bahwa di waktu mustajab untuk berdoa seperti untuk orang-orang yang menjalanklan ibadah puasa, agar memperbanyak doa.

BACA JUGA :  Aksi Solidaritas "BANGSA MELAYU BERSIKAP" Atas Kejadian Demo Dan Pemukulan Di Bandara Hang Nadim

Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.

Dalam Sujud

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam setiap sujud salat yang ditunaikan adalah waktu mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW pun bersabda bahwa dalam sujud salat, itulah waktu seorang hamba sangat dekat dengan Rabbnya.

Rasulullah SAW dalam sabdanya “Seroang hamba yang berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.(HR. Muslim, no. 482)

Selain itu Rasulullah SAW juga bersabda, “Adapun ketika rukuk maka agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian.(HR Muslim, no.479)

Dalam sujud terakhir adalah waktu mustajab untuk berdoa. Ada tiga doa dalam keadaan sujud yang tidak boleh terlewatkan yakni:

BACA JUGA :  Resmi di Rilis Yuk Intip Penampakan Honda X-ADV 750

1. Meminta diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah.

2. Memohon diberikan kesempatan untuk bertaubat sebelum ajal menjemput.

3. Meminta agar hati istiqamah dalam agama Islam.

Di Sepertiga Malam Terakhir

Di sepertiga malam terakhir adalah waktu mustajab untuk berdoa. Ketika banyak orang terlelap tidur, Allah SWT turun pada sepertiga atau penghujung malam untuk melihat hambanya yang memanjatkan doa. Sepertiga malam terakhir merupakan waktu mustajab untuk berdoa, dimana doa-doa mudah diijabah.

Rasulullah SAW bersabda tentang waktu mustajab untuk berdoa ini, “Allah tabaaraka wata’ala turun setiap malam ke langit bumi, ketika malam tersisa sepertiga terakhir. Ia berkata, “Adakah yang memohon kepada-Ku agar Aku kabulkan, adakah yang meminta kepada-Ku agar Aku berikan, adakah yang memohon ampun agar Aku ampuni.(HR. Bukhari dan Muslim)