Beranda Wisata & Travel Kuro Tamago Telur Hitam Asal Negeri Sakura, Berikut Cara Mengolahnya

Kuro Tamago Telur Hitam Asal Negeri Sakura, Berikut Cara Mengolahnya

42
Kuro Tamago Telur Hitam Asal Negeri Sakura, Berikut Cara Mengolahnya | Photo : Ist/Net

FOOD & TRAVEL – Kuro Tamago adalah telur hitam yang berasal dari negeri Sakura Jepang, ini sebenarnya telur rebus yang biasa dibuat oleh banyak orang.

Telur Kuro Tamago menjadi makanan khas Jepang dengan rasa yang nikmat.

Telur rebus, umumnya, berwarna kecoklatan di luar dan putih serta kuning terang di dalam. Namun tidak demikian dengan telur yang satu ini. Kuro tamago namanya. Melansir laman Oddity Central, kuro tamago merupakan telur yang direbus dengan cara spesial.

Bukan di dalam panci seperti biasanya, melainkan di kaldera gunung berapi Hakone yang meletus lebih dari 3000 tahun lalu. Letusan tersebut menyisakan danau belerang, yang hingga kini menjadi destinasi wisata populer di Negeri Sakura.

Kuro tamago hanya bisa ditemukan di Owakudani, Hakone, Jepang.

Penduduk lokal menyebut kuro tamago sebagai telur hitam mistis. Bukan hal yang aneh memang, penampilan kuro tamago memang tidak seperti telur pada umumnya. Seluruh kulitnya berwarna hitam legam.

Tapi, sebenarnya, kuro tamago hanyalah telur ayam biasa. Warna hitamnya didapat dari cara merebus yang tidak biasa, yakni dengan merebusnya langsung di danau belerang yang mendidih. Air belerang tersebut bereaksi dengan kulit telur dan memberinya warna legam. Tidak hanya itu, telur rebus unik tersebut juga punya aroma dan sedikit rasa belerang.

Tentu saja, alasan lain yang membuat ratusan turis mencari kuro tamago adalah karena khasiatnya. Mengonsumsi telur legam itu dipercaya bisa membuat panjang umur selama 7 tahun. Oleh karena itu, penduduk setempat biasanya menyediakan kuro tamago di sebuah kuali besar yang diletakkan di dekat danau.

Telur akan dimasukkan dalam air danau selam satu jam, kemudian diuapi selama 15 menit.

Kendati punya kulit yang hitam legam, bagian dalamnya tetap putih dan kuning.

Jika ingin memakan langsung telur ini di Owakudani, pengunjung harus mendaki jalur yang lumayan terjal. Jalur yang lebih landai juga tersedia dengan memutari danau.

Sambil menikmati ‘telur panjang umur’, pengunjung juga disuguhi pemandangan Gunung Fuji yang spektakuler.

Tinggalkan Balasan