Beranda Daerah Pasca Gempa 7.1 Magnitudo di Maluku Utara, 6 Lokasi Ini Terjadi Pasang...

Pasca Gempa 7.1 Magnitudo di Maluku Utara, 6 Lokasi Ini Terjadi Pasang Surut Air Laut

643
Pasca Gempa 7.1 Magnitudo di Maluku Utara, 6 Lokasi Ini Terjadi Pasang Surut Air Laut | Photo : Ilustrasi/Net

DETIKEPRI.COM, MALUT – Kewaspadaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengawasi beberapa bagian bibir pantai untuk mewaspadai terjadi gelombang tsunami pasca gempa bumi yang berkekuatan 7.1 Magnitudo pada Minggu (7/7/2019).

Ada beberapa kejanggalan yang terjadi di beberapa tempat, terlihat air laut mengalami pasang surut tidak wajar, walau masih belum bisa dipastikan akan terjadi tsunami.

Beberapa tanda-tanda yang tersebar di 6 wilayah, gempa yang berada sekitar 133 KM dengan kedalam 36 Km cukup menjadi potensi terjadi Tsunami terlebih lagi setelah mendapat tanda peringatan dini Tsunami.

Dilansir dari okezone Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kondisi air laut di enam wilayah mengalami pasang-surut usai gempa bumi berkekuatan magnitude 7,1 yang berpusat di Ternate, Maluku Utara (Malut).

“Tinggi muka air laut yang terdapat di enam stasiun pasang-surut di Bitung, Tobelo, Ternate, Taliabu, Jailolo, dan Xanana,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, di Jakarta, Minggu 7 Juli 2019.

Ia mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih belum mencabut peringatan dini terjadinya tsunami. Mengingat, status ancaman masih dalam kategori waspada.

“Hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media. Hingga saat ini peringatan dini tsunami belum diakhiri,” ucap Rahmat.

Berdasarkan keterangan dari situs resmi BMKG, gempa tersebut berpusat di daratdengan jarak 133 kilometer barat daya Ternate. Kedalamannya mencapai 36 km.

Adapun lokasi titik gempa berada di 0,54 LU – 126,19 BT. Menurut BMKG, gempa tersebut memiliki potensi tsunami dan meminta masyarakat untuk berhati-hati.

Belum diketahui apakah dampak gempa bumi itu menimbulkan korban jiwa atau kerusakan bangunan.(Ptr)

Sumber : okezone.com

Tinggalkan Balasan