Beranda Lifestyle Bagi Ibu Hamil Wajib Lakukan Olah Raga, Ini 10 Olah Raga Yang...

Bagi Ibu Hamil Wajib Lakukan Olah Raga, Ini 10 Olah Raga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

201
0
BERBAGI
Bagi Ibu Hamil Wajib Lakukan Olah Raga, Ini 10 Olah Raga Yang Aman Untuk Ibu Hamil | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KEHAMILAN – Hamil terkadang membuat seorang calon ibu malas untuk melakukan kegiatan, bahkan ada yang hanya suka berbaring di tempat tidur, dan ada juga calon ibu yang hanya suka ngemil dan menonton televisi.

Olahraga untuk ibu hamil sangat bermanfaat, meskipun kondisi tubuh yang menopang beban dalam waktu yang cukup lama terkadang membuat ibu hamil sering mengalami sakit pinggang, pusing, dan mudah lelah.

Olahraga saat hamil bisa memperbaiki kinerja jantung, menjaga kebugaran tubuh, mengontrol berat badan, dan menyiapkan otot-otot untuk persalinan tanpa mengakibatkan stres atau gangguan janin dalam kandungan. Banyak kan manfaatnya?

BACA JUGA :  Setelah Melahirkan, Akan Timbul Stretch Mark Pada Perut, Konsumsi 4 Pola Makanan ini

Tetapi, sebelum mempraktikannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter tentang olahraga yang boleh Anda lakukan.

Olahraga untuk Ibu Hamil

Berikut ini berbagai macam jenis olahraga ibu hamil yang bisa lakukan, yang bermanfaat bagi kandungan:

1. Jalan Kaki

Olahraga untuk ibu hamil yang pertama adalah jalan kaki. Olahraga ini bisa melancarkan peredaran darah dan menjaga ibu hamil tetap bugar.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists ibu hamil bisa melakukan olah raga jalan kaki selama 30 menit per hari, dalam 5 hari per minggu. Selama melakukan olahraga jalan kaki usahakan ibu tetap terhidrasi. Hindari jalan menanjak dan hentikan olahraga bila ibu mengalami sesak napas, perdarahan, pusing, kram, atau kontraksi.

BACA JUGA :  Gigi Pria Ini Ditumbuhi Tunas Jambu Biji, Sebab Malas Menyikat Gigi

Bunda bisa berjalan ke toko daripada mengemudi, naik bus hanya sebagian jalan, atau melakukan beberapa putaran cepat di taman atau trotoar saat jam makan siang.

2. Lari

Berlari adalah salah satu cara tercepat dan paling efisien untuk melatih jantung dan tubuh, dan Anda dapat memvariasikan jarak dan kecepatan sesuai dengan tingkat energi ya, Bunda.

BACA JUGA :  Apel Rebus Bermanfaat Untuk Pencernaan dan Lambung Anak Bermasalah

Bila lari ini adalah tatihan yang baru bagi Bunda, mungkin bukan saatnya untuk memulai saat kehamilan. Cara yang terbaik adalah tetap melakukan olahraga untuk ibu hamil yang lebih lembut, seperti berjalan atau berenang.

3. Berenang

Menurut ahli kesehatan, berenang adalah salah satu olahraga ibu hamil yang terbaik. Berenang mampu melatih otot-otot besar (kaki dan tangan), menurunkan berat badan ibu hamil yang mengalami obesitas, memperbaiki kinerja jantung, dan menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here