Beranda Lifestyle Pahami dan Ketahuilah Apa Itu PCR, Rapid Test Antigen, dan Rapid Test...

Pahami dan Ketahuilah Apa Itu PCR, Rapid Test Antigen, dan Rapid Test Anti Body Untuk Pemeriksaan Covid-19

64
Pahami dan Ketahuilah Apa Itu PCR, Rapid Test Antigen, dan Rapid Test Anti Body Untuk Pemeriksaan Covid-19 | Photo : Dok.Istimewa

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum menunjukan perubahan posifit untuk menyingkir dari setiap negara nampaknya harus menjadi upaya kuat bagi setiap negara termasuk Indonesia untuk melakukan dorongan terhadap masyarakat agar tidak mudah terpapar virus corona.

Berbagai upaya ini dilakukan dengan memberikan himbauan untuk selalu menaati protokol kesehatan, hingga memberikan sanksi atas pelanggaran protokol kesehatan.

Pemerintah gencar melakukan kampaye jaga kesehatan dan utamakan protokol kesehatan dengan menggenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta menggunakan handsanitizer.

Sanksi sosial dan juga sanksi membayar denda diberlakukan sebagai bentuk upaya agar masyarakat menyadari dan menaati protokol kesehatan.

Lantas jika seseorang yang terpapar virus corona upaya apa yang dilakukan terlebih dahulu?, Covid-19 memunculkan beberapa istilah untuk membuktikan apakah seseorang itu benar terpapar virus corona atau tidak.

Istilah tes kesehatan yang banyak di bicarakan orang adalah Rapid Test, dan Swab, namun tidak banyak yang mengetahui apa itu Rapid Test yang teryata memiliki dua jenis test dan juga perbedaan

1. Rapid Test Antigen
2. Rapid Test Anti Body

Untuk mendeteksi COVID-19, diperlukan pemeriksaan yang disebut PCR dan rapid test. Kedua jenis pemeriksaan ini bertujuan untuk menentukan apakah seseorang terinfeksi virus Corona atau tidak. Namun, apa yang membedakan kedua jenis pemeriksaan tersebut?

Jika Anda memiliki gejala COVID-19, seperti demam, batuk, dan sesak napas, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan COVID-19.

Di rumah sakit, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menelusuri apakah Anda pernah kontak dengan pasien COVID-19 dalam jangka waktu 2 minggu terakhir. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang berupa rapid test dan PCR untuk mendiagnosis COVID-19.

Seputar Tes PCR dan Rapid Test

Tes PCR dan rapid test digunakan sebagai cara untuk mendeteksi virus Corona di dalam tubuh. Bagi Anda yang belum tahu mengenai tes PCR dan rapid test, berikut ini adalah penjelasan singkatnya:

Tes Polymerase Chain Reaction (PCR)

Tes PCR adalah jenis pemeriksaan untuk mendeteksi pola genetik (DNA dan RNA) dari suatu sel, kuman, atau virus, termasuk virus Corona (SARS-CoV-2). Hingga saat ini, tes PCR merupakan tes yang direkomendasikan oleh Badan Kesehaan Dunia (WHO) untuk mendiagnosis COVID-19.

Tinggalkan Balasan