Beranda Automotive Datsun Cross Siap Meluncur, Apa Saja Yang Perlu Dinanti?

Datsun Cross Siap Meluncur, Apa Saja Yang Perlu Dinanti?

953

Automotive, Detikepri.com – Datsun sudah menyiapkan langkah untuk merilis produk terbarunya di Indonesia, Cross. Mobil berbasis GO yang dipermak jadi Crossover ini, rilis 18 Januari. Promosi pun sudah gencar dilakukan lewat lini masa. Bagi Anda yang tertarik meminangnya, berikut kami sajikan beberapa hal yang patut dinanti dari mobil ini.

1. Bukan LCGC

Ya, hal ini patut diwaspadai. Nama GO Panca yang hilang dari promosinya, bisa diartikan skema Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan (KBH2) atau Low Cost Green Car (LCGC) yang bebas pajak barang mewah, tidak berlaku. Artinya, harga Cross bisa jadi lebih mahal dari Datsun GO+ Panca yang saat ini ada. Apalagi dengan karakternya yang memang lebih premium, tentu perbedaan harga mencapai Rp 50 juta, harus diantisipasi.

BACA JUGA :  Generasi Terbaru Juke Bakal Segera Meluncur, Wujud Konsep Belum Dirilis

2. Mesin Tetap 1.2 liter dengan Katup Variabel

Unit 3-silinder dengan kapasitas 1,2 liter yang sudah sukses mendongkrak efisiensi dan membina karakter lini GO Panca, kemungkinan besar tetap jadi andalan di Datsun Cross. Unit yang sebelumnya sukses mengawal March dengan efisiensi tingkat tinggi ini, disajikan tanpa fitur katup variabel.

Nah, terkait fitur katup variabel untuk menjanjikan efisiensi di putaran rendah dan tenaga galak di putaran atas, bisa saja ada di Cross. Dengan tidak terikat pada beleid LCGC, Datsun Indonesia tentu lebih leluasa memainkan komposisi ini.

BACA JUGA :  Mitsubishi Ganti Pimpinan, Padahal Kondisi Penjualan Lagi Naik Daun

3. Transmisi Otomatis CVT

Kabar ini berembus kencang ketika nama Cross mulai terdengar. Datsun siap membahagiakan calon konsumen yang sebelumnya harus kecewa dengan GO karena alpanya girboks matik.

Cross dikabarkan bertransmisi otomatis. Bahkan bukan sekadar tanpa pedal kopling, namun sistem pengolahan dayanya Continous Variable Transmission (CVT). Girboks ini sudah pernah dipadankan dengan mesin 1,2 liter pada March. Selain pengaliran tenaga lebih halus, efisiensi juga lebih terjaga.

BACA JUGA :  Toyoto Gelontorkan Dana $2,8 Miliar Untuk Ciptakan Mobil Otonom

4. Lebih Tangguh

Sebelum berharap lebih banyak kata tangguh, kita perlu menyamakan standar ini. Ketangguhan sebuah mobil, bisa dibangun hanya dengan daya jelajah lebih fleksibel berkat ground clearance.

Sebagai sebuah crossover, Datsun Cross menyajikan karakter lebih tangguh. Syarat pertama tentang ground clearance pasti dilewatinya. Artinya lebih tinggi dari sekadar 170 mm (Ground clearance GO). Bisa jadi sekitar 180-190 mm.

Tinggalkan Balasan