Beranda Berita Daerah Akses Fiber Optik Palapa Ring Barat Sempat Putus, Ini Penjelasan Syarif Lumintarjo

Akses Fiber Optik Palapa Ring Barat Sempat Putus, Ini Penjelasan Syarif Lumintarjo

64
0
Foto : Palapa Ring Wilayah Barat

DETIKEPRI.COM, JAKARTA – Pasca gangguan, Palapa Ring Barat telah melakukan pemulihan jaringan di wilayah Natuna dan Anambas guna dapat segera memberi akses internet yang layak bagi masyarakat sekitar.

Akses Telekomunikasi Palapa Ring Barat Di Jalur Fiber Optik Batam – Anambas, Natuna – Singkawang Sempat Terputus Akibat Kerusakan Kabel Fiber Optik

Terputusnya jaringan kabel Fiber Optik (FO) menyebabkan telekomunikasi di wilayah Anambas dan Natuna mengalami gangguan pada jalur Batam – Tarempa yang menghubungkan Kabupaten Kepulauan Anambas serta Kabupaten Kepulauan Natuna, sehingga akses telekomunikasi pada kedua wilayah tersebut sempat mengalami gangguan pada 2 hingga 3 Februari 2021.

Saat ini, layanan telekomunikasi telah kembali dapat digunakan dengan memanfaatkan akses jaringan Singkawang – Natuna – Anambas.

Terputusnya jaringan di Kabupaten Kepulauan Anambas yang memanfaatkan segmen jaringan Natuna – Anambas membuat pertama kalinya akses telekomunikasi di Anambas mengalami gangguan. Hal tersebut terjadi akibat proyek galian yang dilakukan oleh pihak ketiga mengganggu kabel FO milik Palapa Ring Barat.

Syarif Lumintarjo selaku Direktur PT Palapa Ring Barat mengatakan, “Ini bukan merupakan pertama kali jaringan Palapa Ring Barat terputus sejak proyek ini diresmikan, namun peristiwa kali ini adalah yang pertama kali menyebabkan gangguan akses telekomunikasi di Kab. Kep Anambas dan Kab. Natuna. Kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak agar proses pemulihan dilaksanakan dengan secepatnya.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda