Beranda Internasional Laut Cina Selatan Memamanas, Tiga Kapal Perang Rusia Tiba di Perairan Filipina

Laut Cina Selatan Memamanas, Tiga Kapal Perang Rusia Tiba di Perairan Filipina

423
0
BERBAGI
Perebutan kekuasaan di laut cina selatan, tiga kapal perang rusia tiba di filipina | Photo : ist/net

DETIKEPRI.COM, FILIPINA – China dan Filipina berkawan tahun 2016 setelah berselisih untuk menguasai satu beting di mana keduanya menangkap ikan.

Persahabatan itu bertahan, namun bulan Desember dan Januari China menggerakkan sampai sebanyak 90 kapal ke dekat satu pulau kecil lain yang mereka perselisihkan untuk memantau Filipina membangun satu tempat sandar.

Perebutan kekuasaan di Laut cina kian memanas, bahkan beberapa kondisi yang mengakibatkan ketegangan semankin memuncak.

Tiga kapal militer Rusia telah tiba dan berlabuh di perairan Filipina. Kedatangan tiga kapal Rusia ini merupakan ‘kunjungan niat baik’ di tengah meningkatnya ketegangan yang menyelimuti Laut China Selatan.

BACA JUGA :  Perang Tangguh Dibabak Pertama, Prancis 1

Dilaporkan Philippine News Agency dan dilansir CNN, Selasa (9/4/2019), dua kapal penghancur bernama Admiral Tributs dan Vinogradov dan satu kapal tanker bernama Admiral Irkut berlabuh di Manila pada Senin (8/4/2019) pagi waktu setempat.

Kapal penghancur Rusia itu disebut sebagai ‘kapal antikapal selam berukuran besar’, sedangkan kapal tankernya disebut sebagai ‘kapal tanker laut berukuran besar’.

Dalam pernyataannya, Kepala Misi Rusia, Kapten Sergey Alantiev, menyebut ‘kunjungan niat baik’ selama lima hari ini bertujuan meningkatkan kerja sama Angkatan Laut dengan Filipina. “Tujuan utama (dari kunjungan ini) adalah meningkatkan kerja sama Angkatan Laut kita,” sebutnya seperti dilansir Philippine News Agency.

BACA JUGA :  Kroasia Vs Prancis, Prediksi Pertandingan Bakal Jadi Laga Terberat

Di sisi lain, bagi pemerintah Filipina, kehadiran kapal militer Rusia menunjukkan upaya berkelanjutan untuk memperkuat hubungan antara kedua negara.

“Ini akan meningkatkan dan mempertahankan perdamaian, stabilitas dan kerja sama maritim. Kami mengharapkan untuk memperkuat hubungan bilateral ini ke level selanjutnya,” ucap Kapten Constancio Arturo Reyes Jr, perwakilan Flag Office in Command Filipina.

Ini merupakan kedua kalinya dalam tahun 2019 ini, kapal-kapal Rusia berlabuh di Filipina. Kunjungan terbaru kapal-kapal militer Rusia ini terjadi beberapa bulan sebelum kedua negara menandatangani perjanjian kerja sama Angkatan Laut. Perjanjian yang kemungkinan akan ditandatangani pada Juli mendatang itu, dilaporkan memuat lebih banyak latihan gabungan dan kunjungan balasan.

BACA JUGA :  Rusia dan Tajikistan Sangkal Melakukan Serangan Udara Ke Afghanistan

Diketahui bahwa hubungan Rusia dan China semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir. Kedua negara menggelar latihan militer gabungan dan menandatangani kesepakatan ekonomi, bahkan kedua negara mengklaim hubungan mereka tengah ada pada ‘level terbaik dalam sejarah’.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here