Beranda Lifestyle Lagi Hamil Boleh Gak Puasa, Yuk Baca Penjelasanya

Lagi Hamil Boleh Gak Puasa, Yuk Baca Penjelasanya

452
0
BERBAGI
Risiko Puasa bagi Ibu Hamil | Photo : Ist/Net
Risiko Puasa bagi Ibu Hamil | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KEHAMILAN – Puasa adalah menahan lapar dan haus dahaga, serta menguras tenaga, karena tidak adanya asupan makanan dan minuman selama sehari penuh. Lantas bagaimana dengan seorang wanita yang sedang hamil bisakah dia berpuasa.

Ada beberapa penjelasan terkait ibu hamil berpuasa, dan potensi serta bahaya terhadap kesehatan sang calon bayi dan calon ibu tersebut. Berikut penjelasannya terkait kondisi hamil menjalankan ibadah puasa.

Salah satu kewajiban bagi umat muslim saat memasuki bulan Ramadan adalah menjalankan puasa. Namun jika Anda sedang hamil, berarti Anda termasuk golongan yang diberikan keringanan untuk tidak menjalankan puasa. Meski diberikan kelonggaran, banyak ibu hamil yang ingin tetap menjalankan puasa. Lantas, bolehkah ibu hamil puasa?

BACA JUGA :  Labu Siam Sangat Bermanfaat Bagi Ibu Hami, Ketahuilah Fungsi dan Manfaatnya

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa?
Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan wanita hamil saat memasuki bulan Ramadan adalah apakah ibu hamil boleh puasa? Perlu diketahui, puasa bagi ibu hamil sering kali dianggap sebagai aktivitas yang bisa membahayakan ibu dan janin.

Pernyataan itu tidak sepenuhnya benar, karena puasa juga bisa memberikan manfaat bagi ibu hamil. Sementara itu, sebagian besar ibu hamil yang tidak berpuasa karena khawatir akan pertumbuhan janin di dalam kandungannya.

BACA JUGA :  Bunda Ketahuilah Penyebab Keram Perut Saat Hamil dan Cara Meredakannya

Lantas, bagaimana dunia medis menjawab pertanyaan bolehkah ibu hamil puasa? Hamil boleh puasa atau tidak tergantung pada kondisi masing-masing individu.

Pada dasarnya, tidak ada larangan bagi wanita hamil untuk berpuasa. Namun, puasa bagi ibu hamil harus dilakukan dengan puasa sehat. Jika selama menjalani puasa badan menjadi lemas, keringat dingin, hingga perasaan ingin pingsan, segera berhenti melakukan puasa dan segera penuhi tubuh dengan asupan yang bernutrisi.

Memasuki masa kehamilan, seorang wanita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein, mineral, dan vitamin. Selain itu, ibu hamil juga jangan melewatkan asupan asam folat, zat besi dan kalsium saat sahur dan berbuka.

BACA JUGA :  Hati-Hati!!, Hamil Diluar Kandungan Dapat Berakibatkan Kematian

Risiko Puasa bagi Ibu Hamil

Setelah pertanyaan bolehkah ibu hamil puasa terjawab, namun Anda masih ragu untuk menjalankannya, tak ada salahnya berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan kesehatan Anda dan janin. Pada umumnya dokter akan memeriksa riwayat kesehatan, kondisi fisik, kemungkinan adanya gangguan kesehatan dan gangguan kehamilan.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here