Beranda Internasional Demonstrasi dan Pawai ke Gedung Putih Menandakan Protes Terbesar Sejak Pembunuhan George...

Demonstrasi dan Pawai ke Gedung Putih Menandakan Protes Terbesar Sejak Pembunuhan George Floyd

0
Para pengunjuk rasa meneriakkan "Kehidupan Hitam" dan "George Floyd" berkumpul di ibukota Amerika Serikat pada hari Sabtu memadati jalan-jalan dari gedung Capitol ke Gedung Putih yang dibarikade dan Lincoln Memorial. LUCAS JACKSON / REUTERS

DETIKEPRI.COM, US – Demonstrasi terbesar dalam sejarah Amerika Serikat yang di picu atas kematian George Floyd yang dilakukan polisi Mineapolis, hingga memunculkan isue rasisme dan penindatasan.

Slogan “Black Live Metter” menjadi semboyan untuk mendobrak rasisme yang terjadi di negara paman sam. Demonstran juga mencapai titik gedung putih dan melakukan vandalisme di setiap dinding sekitaran gedung putih.

Puluhan ribu demonstran berunjuk rasa di Washington, DC, dan kota-kota AS lainnya pada hari Sabtu, menuntut diakhirinya rasisme dan kebrutalan oleh penegak hukum, ketika protes dipicu oleh pembunuhan polisi terhadap George Floyd yang berlangsung hingga hari ke-12.

Sebuah unjuk rasa Lincoln Memorial dan pawai ke Gedung Putih menandai curahan terbesar dari protes di seluruh negeri sejak rekaman video muncul menunjukkan Floyd, seorang pria kulit hitam tak terborgol dalam borgol, berbaring telungkup dan berjuang untuk bernapas ketika seorang perwira polisi putih berlutut di lehernya.

us-politics-race-unrest

“Rasanya seperti saya bisa menjadi bagian dari sejarah dan bagian dari kelompok orang yang mencoba mengubah dunia untuk semua orang,” kata Jamilah Muahyman, seorang warga Washington pada demonstrasi di dekat Gedung Putih.

Kematian Floyd pada 25 Mei telah memicu badai protes di tengah-tengah pandemi coronavirus, mendorong debat yang sangat dibebankan atas keadilan rasial kembali ke garis depan agenda politik lima bulan sebelum pemilihan presiden AS November.

Suasana yang hampir meriah terjadi di antara para pengunjuk rasa yang berkumpul di strip luar yang baru diisi ulang Black Lives Matter Plaza – frasa “Black Lives Matter” dilukis dengan huruf kuning besar di trotoar – satu blok dari Gedung Putih.

Sebuah keluarga berjalan dengan pengunjuk rasa di sepanjang Constitution Avenue dekat US Capitol, menuju Gedung Putih. SARAH SILBIGER / EPA

Itu dekat tempat di mana Polisi Taman AS dan personil militer membersihkan Lafayette Square dari demonstran damai dengan semprotan kimia dan granat asap pada Senin malam, sehingga Presiden Donald Trump dapat berjalan dari Gedung Putih melalui taman ke sebuah gereja untuk memegang sebuah alkitab tinggi-tinggi untuk kamera.

Tinggalkan Balasan