Beranda Berita Automotive Siap-Siap Alphard bakal tersingkir oleh Mobil ini

Siap-Siap Alphard bakal tersingkir oleh Mobil ini

1025
0
Produsen automotive terus berinovasi dan memberikan produk terbaiknya dengan harga yang terjangkau, bahkan hal ini bisa menggusur posisi

DETIKEPRI.COM, AUTOMOTIVE – Produsen automotive terus berinovasi dan memberikan produk terbaiknya dengan harga yang terjangkau, bahkan hal ini bisa menggusur posisi puncak mobil-mobil yang sempat bertengger lama.

Sepertinya produsen ternama Toyota dengan produknya Alphard bakal tersingkir oleh produk yang satu ini.

Alphard besutan Toyota patut waspada dengan MPV keluaran KIA, Grand Carnival. Mobil ini dirancang untuk 11 penumpang, digadang-gadang menggantikan KIA Sedona.

KIA Grand Carnival menawarkan sentuhan mewah tapi dengan harga bersaing. Dengan berbagai keunggulan, KIA Grand Carnival bahkan bisa lebih murah hingga Rp700 juta dari pesaingnya sesama MPV mewah nan bongsor, Alphard.

BACA JUGA :  Sidak ke PLTU Tanjung Kasam, Ombudsman Kepri Minta Prioritaskan Daya Listrik Bagi Masyarakat

Konsumen tak perlu harus merogoh dompet hingga lebih Rp1 miliar. Grand Carnival masuk ke segmen High MPV di Indonesia pada akhir 2021.

Sebagai gambaran, berdasarkan harga terbaru per April 2022, atau setelah adanya kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), harga KIA Grand Carnival Dynamic ialah Rp 808 juta, atau naik Rp 21,2 juta semenjak diluncurkan pada GIIAS 2021 lalu.

Kemudian untuk tipe Premiere juga naik Rp 21,2 juta. Harga Grand Carnival saat ini yakni Rp 908 juta atau naik dari harga sebelumnya Rp 886,6 juta saat peluncuran pada akhir tahun lalu.

Sementara itu Toyota Alphard tipe terendah yakni 2.5 X A/T ini dibanderol Rp 1,147 miliar. Sedangkan untuk kelas lebih tinggi, Alphard tipe 3.5 Q A/T dibanderol Rp 1,577 miliar.

BACA JUGA :  Pesta Sabu, Dokter dan Perawat Diciduk Polisi

Tapi jangan salah, bukan berarti lebih murah fiturnya akan pas-pasan.

Mobil ini dilengkapi beberapa fitur canggih, antara lain Smart Power Sliding Door, Remote One-touch Power Door & Liftgate, Power Tailgate Auto-close, dan Get On/Off Puddle Light.

Lalu ada pula fitur safety lainnya seperti Forward Collision-Avoidance Assist Junction Turning (FCA-JT) dan juga Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Secara desain, Kia Grand Carnival tampil dengan fascia lebih tegas dengan grille besar dan aksen lampu DRL LED yang sporty. Beda dengan tampilan Kia Grand Sedona yang cenderung elegan dengan bentuk grille ala tiger nose, yang menjadi ciri khas KIA.

BACA JUGA :  Vaksinasi Massal Dalam Rangka HUT Korps Brimob Polri ke-76

“4 role, jadi 8+3. Lebih Panjang dari Alphard 24cm, Panjang dia 5.115 mm. 4 role di belakang baris keempat kalau ada emergency, kalau ngga dipakai bisa difungsikan sebagai bagasi,” kata tenaga penjual KIA di Jakarta kepada CNBC Indonesia, Rabu (8/6/22).

Sebagai perbandingan, dimensi Kia Grand Carnival adalah 5.115 mm Panjang (P) x 1.985 mm Lebar (L) x 1.740 mm Tinggi (T), sementara dimensi Alphard ialah 4.945 mm P x 1.850 mm L x 1.895 mm T.