Kebijakan Baru Dari Kemenperin, Seluruh Smartphone Harus Terdaftar di Kemenperin

    664
    0
    Cek IMEI Ponsel, lihat status terdadftar di Kemenperin | Photo : Ilustrasi/IMEI

    DETIKEPRI.COM, TEKNOLOGI – Belakangan ini banyak muncul kabar bahwa smartphone atau handphone yang tidak terdaftar di Kemenperin maka akan di anggap bodong alias tidak berizin, dan tindakan yang akan dilakukan oleh Kemenperin terhadap ponsel itu pemblokiran ponsel itu sendiri.

    Setiap pemilik ponsel ataupun smartphone harus mendaftarkan IMEI kepada Kemenperin, terlebih lagi distributor secara resmi mendaftarkan ponsel-ponsel yang bakal di jualnya ke pasaran, sehingga konsumen tidak lagi kesulitan untuk mendaftarkan ponselnya yang selama ini ia gunakan.

    Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya ponsel black market (BM) sebab ponsel ini masuk tanpa bea pajak yang telah di tentukan, sehingga ponsel ini dianggap sebagai ponsel Black Market (BM).

    BACA JUGA :  Insiden Kontak Dengan Zarco, Marques Pulang Dengan Tangan Hampa

    Jika Kemenperin memberlakukan kebijakan yang telah di ataru sesuai undang-undang perdangan Republik Indonesia, maka akan banyak ponsel yang bakal tidak dapat digunakan dan hanya bisa menjadi pajangan saja.

    Lantas seperti apa ponsel yang dibawa oleh para pendatang dari luar negeri, jelas ponsel mereka tidak terdaftar di Kemenperin Republik Indonesia.

    Maka ada jalan untuk mendaftar terlebih dahulu ponsel yang dibawa oleh para pengunjung secara online sehingga dapat digunakan di wilayan Kesatuan Republik Indonesia.

    Kebijakan-kebijakan ini dibuat untuk menekan angka penyelundupan ponsel yang banyak terjadi di Indonesia, bahkan jumlahnya mencapai ribuan unit.

    BACA JUGA :  Chelsea vs Liverpool, Siapa Jawara Sebenarnya

    Persaingan harga juga menjadi persoalan baru, Black Market harga cenderung lebih murah dibandingkan harga resmi yang sudah masuk pajak pertambahan nilai dan pajak lainnya.

    Hal ini harus di tanggapi positif dengan apa yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Republik Indonesia.

    Bagi yang ingin mengetahui nomor IMEI sudah terdaftar atau tidak bisa langsung mengunjungi website atau aplikasi yang telah disediakan oleh Kemenperin melalui link dibawah ini

    CEK IMEI PONSEL ANDA

    Cek Imei Ponsel | Photo : Screenshot Web Kemenperin

    Dihalaman itu langsung isikan nomor IMEI ponsel anda dan tekan cari, jika terdaftar akan muncul beberapa informasi terkait ponsel anda sendiri.

    Jika tidak terdaftar akan muncul pemberitahuan bahwa IMEI yang anda masukan tidak valid atau tidak terdaftar di Kemenperin.

    BACA JUGA :  Tampilan Sporty Hadir di Produk Terbaru Honda ADV 150, Nyaman Bro

    Untuk mengetahui IMEI ponsel anda bisa menekan *#063 atau *#06# akan muncul informasi IMEI ponsel anda dan langsung masukan ke halaman input di website Kemenperin.(Ptr)

    BACA JUGA BERITA LAINNYA :