Beranda Lifestyle Sering Alami Kesemutan di Kaki, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

Sering Alami Kesemutan di Kaki, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

421
0
Sering Alami Kaki Kesemutan, Apakah Berbahaya bagi tubuh ? | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Kaki sering kesemutan adalah faktor alami yang terjadi di kaki, terutama kami yang tertumpu atau terhimpit beban, kesemutan biasaya dianggap wajar bagi sebagian orang, namun apakah kesemutan itu berbahaya?

Berikut penjelasan dari ahli kesehatan terkait kaki kesemutan :

Kesemutan merupakan fenomena umum yang sering terjadi pada tubuh manusia, pada umumnya bagian tubuh yang sering mengalami kesemutan adalah kaki.

Fenomena kaki sering kesemutan terjadi karena posisi duduk atau tidur terlalu lama pada posisi yang tidak berubah, di mana hal ini menyebabkan terganggunya sistem saraf sensorik yang kemudian menyebabkan salah satu organ tubuh seperti mati rasa.

BACA JUGA :  Berhati-Hatilah, Begini Ciri Sosis Yang Berbahaya, Jangan Sembarangan Konsumsi

Berbahayakah kaki kesemutan?

Pada dasarnya sering kesemutan bukan merupakan penyakit, namun terkadang malah penyakit yang membuat sistem saraf sensorik terganggu sehingga menyebabkan kesemutan. Berbahaya atau tidak kesemutan tergantung penyebabnya, jika karena posisi duduk atau tidur yang salah dalam waktu lama bisa jadi itu gejala alami.

Namun, jika disebabkan oleh suatu penyakit atau merupakan gejala dari suatu penyakit tentunya hal ini perlu diwaspadai. Dalam dunia medis kesemutan disebut parestesia dan umumnya disebabkan oleh tekanan saraf.

BACA JUGA :  Apel Rebus Bermanfaat Untuk Pencernaan dan Lambung Anak Bermasalah

Sementara ketika sistem persarafan berjalan lancar, arus listrik kecil mengalir di sepanjang jaringan saraf di lengan dan kaki, tulang belakang dan otak. Akan tetapi, jika ada tekanan terus-menerus pada saraf, arus ini terhambat dan menyebabkan sensasi kesemutan.

Kaki kesemutan terjadi misalnya ketika Anda jongkok atau bersila dalam waktu lama. Ketika Anda berdiri, tekanan pada saraf-saraf kaki dilepaskan dan arus persarafan kembali normal, maka kesemutan pun berangsur menghilang.

BACA JUGA :  Mom, Bijaklah Memilih Produk Pembersih Bayi, Harus Lembut dan Bebas Iritasi

Penyebab Kesemutan

Kenapa kaki sering kesemutan? Kesemutan yang berlangsung lama atau sering (kronis) adalah hal yang berbeda karena dapat mengindikasikan gangguan saraf yang lebih permanen. Kondisi yang dapat menyebabkan kesemutan kronis antara lain:

1. Diabetes

Diabetes dapat merusak pembuluh darah kecil yang memasok saraf di jari tangan dan kaki, hal ini dapat menyebabkan kesemutan, nyeri atau mati rasa di tangan dan kaki (neuropati perifer).

Tinggalkan Balasan