Beranda Berita Daerah Ada Lima Perbedaan dalam Proses Pelaksaan CPNS 2019 di Bandingkan Tahun Lalu

Ada Lima Perbedaan dalam Proses Pelaksaan CPNS 2019 di Bandingkan Tahun Lalu

512
0
Ada Lima Perbedaan dalam Proses Pelaksaan CPNS 2019 di Bandingkan Tahun Lalu | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, NASIONAL – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan ada lima perbedaan dalam proses pelaksanaan dan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan segera dibuka. Namun, mesti dilakukan hampir setiap tahun, ternyata ada perbedaan dalam pelaksanaan dan proses penerimaan kali ini.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menyebutkan ada lima perbedaan penerimaan CPNS 2019 dengan tahun lalu. Pertama, adanya aturan baru di mana peserta tahun lalu yang telah lolos standar nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), akan bisa mengikuti tes tahun dan bisa langsung ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) atau disebut dengan peserta P1/TL.

Hal tersebut dilakukan berdasarkan rekomendasi Ombudsman.

“Ya itu salah satunya karena rekomendasi Ombudsman,” ungkapnya, seperti dilansir dari Tempo, Sabtu (9/11/2019).

Para kandidat yang sudah mengikuti syarat tertentu dapat menggunakan jalur tersebut. Adapun persyaratannya yaitu ikut mendaftar kembali ke laman resmi SSACN.BKN.go.id.

Kemudian, mengecek apakah jabatannya sudah masuk passing grade atau tidak. Jika lolos, maka bisa memilih mengikuti SKD atau langsung SKB.

Kedua, saat ini, sistem data CPNS 2019 telah terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tidak hanya dengan sistem Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Integrasi ini dilakukan dalam rangka sinkronisasi Surat Tanda Registrasi Tenaga Kesehatan (STR) untuk tenaga kesehatan dan Sertifikat Pendidik (Serdik).