Beranda Berita Daerah PERINGATAN KERAS DLH, Bagi yang Buang Sampah di TPS Liar, Kena Sanksi...

PERINGATAN KERAS DLH, Bagi yang Buang Sampah di TPS Liar, Kena Sanksi Berat

996
0
DLH Kota Batam

DETIKEPRI.COM, BATAM – Dilarang keras membuang sampah di TPS Liar.!! Begitu lah kira- kira himbauan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam (DLH) yang tertera di spanduk – spanduk bekas TPS liar yang ada di Batam

DLH Kota Batam saat ini benar-benar gencar untuk menertipkan seluruh TPS liar yang memakan bahu jalan,atau yang berada di lingkungan masyarakat tinggal, yang sangat mengganggu dan juga mengeluarkan bau tak sedap yang dapat mengganggu pengguna jalan.

Dalam kegiatan rutin Jum’at bersih yang di adakan setiap Jum’at oleh DLH Kota Batam saat ini, sangat bermamfaat dan membuat Batam kembali bersih di sepanjang jalur jalan yang ada TPS liar nya.

Pada Jum’at pagi (09/12/2022) Kepala DLH Kota Batam Dr. Herman Rozie, S.S.T.P.,M.Si, melalui Kasi Bidang (Kabid) Pengolaan Persampahan DLH Kota Batam “Rizky Surya Lestari S.STP,

berserta Lurah Bengkong Laut Anugrah Hidayat S.STP. serta Satgas Drenaise, Satgas Armada pengangkut Sampah, turun langsung ke lokasi penertiban TPS liar yang berada di Jalan Yos Sudarso, Samping Pom Bensin Pintu masuk Apartemen Gren Twon, Kelurahan Bengkong Laut Kecamatan Bengkong.

Kegiatan penertiban dilakukan mulai pagi jam 07:00 WIB yang melibat kan 3 Armada pengangkut sampah dan 30 Satgas Drenaise dan juga di bantu perangkat RT dan RW setempat

DLH Kota Batam

sepanjang jalan masuk apartemen gren twon tersebut sudah di penuhi sampah yang sudah mengeluarkan bau tak sedap sehingga menggangu pengguna jalan.

Herman Rozie mengatakan “Kegiatan Jum’at bersih ini sudah berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam (Perda) nomor 11 tahun 2013 pasal 64 ayat 1 (a) Setiap orang di larang membuang sampah sembarangan di jalan, taman atau tempat umum.

Selain itu terdapat Perda Pidana tentang membuang sampah sembarang yang teramandemen langsung di Perda Kota Batam Nomor 11 Tahun 2013 pasal 69 Ayat 1 yang berbunya, setiap orang yang melanggar ketentuan dapat dikenakan sanksi pidana dan denda sebesar Rp. 2.500.000 (Dua juta lima ratus ribu rupiah).

Hal ini mengikat bagi setiap masyarakat yang membuang sampah sembarang, berdasarkan peraturan daerah tersebutlah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam memberi peringatan keras kepada siapa saja orang pribadi, kelompok, badan usaha dan sebagainya.

Yang melanggar mendapat sanki pidana dan denda yang telah diterapkan dalam Peraturan Daerah tersebut.

“Dengan himbauan yg terbuka seperti ini, Harusnya kita semua sadar bahwa sampah harus kita selesaikan bersama, Dan menjadi tanggung jawab kita bersama juga, Karena semua kita punya andil menghasilkan tiap bulan sampah di Kota Batam ini, Jadi marilah kita jaga kebersihan Kota Batam dengan tidak membuang sampah sembarangan, ” Ujar Herro.

“Robet Malawu Ketua Rw 10 kelurahan Bengkong Laut saat di temui di lokasi oleh awak media, sangat berterima kasih kepada DLH Kota Batam, dengan Jum’at bersih sudah menertibkan TPS liar yang ada dilokasi nya,

“Sampah ini bukan dari warga kita pak, karna di perumahan kita pemerintah sudah menyiapkan tempat sampah dan rutin selalu menjemput sampah kami,” ujar nya.

“Ini sampah yang di buang oleh orang orang yang tak bertanggung jawab yang sengaja membuat lingkungan kami kotor, dan kami berharap kepada pihak terkait selaku yang berwenang pabila sudah di tertibkan seperti ini untuk di tindak secara tegas mereka yang sengaja lagi membuang sampah sembarangan, “ujar Robet malawu ketua RW 10 tersebut.

Turut hadir dalam Jum’at bersih tersebut Kabid Pengolahan Sampah DLH, “Rizky surya lestari S.STP, Kasi Trantib Kecamatan Bengkong, dan Lurah Bengkong Laut ‘Anugrah hidayat S.STP beserta perangkat RT/RW dan warga komplek Greentown.