Beranda Internasional Musim Hujan Tiba Pengendara Berhati-hatilah, Bisa di Denda Sebesar Rp 91...

Musim Hujan Tiba Pengendara Berhati-hatilah, Bisa di Denda Sebesar Rp 91 Juta

313
0
Musim Hujan Tiba Pengendara Berhati-hatilah, Bisa di Denda Sebesar Rp 91 Juta | Photo : Dw/Net

DETIKEPRI.COM – Musim hujan yang masih berlangsung sampai saat ini membuat jalan raya menjadi basah. Pengendara sepeda motor atau mobil perlu berhati-hati karena berjalan di atas permukaan basah lebih berisiko dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Untuk menghindari hal tersebut, pengguna kendaraan perlu menjaga kecepatan dan tidak melakukan manuver berlebihan. Sebab dikhawatirkan roda kendaraan tergelincir atau terjadi aquplanning karena ban tidak menapak sempurna.

Selain mencegah terjadinya kecelakaan untuk keselamatan diri sendiri, berkendara di jalan yang basah juga perlu hati-hati agar tidak merugikan orang lain. Sebab saat kendaraan melintasi jalan yang dipenuhi genangan air akan menciprati objek sekitarnya.

Apesnya saat ada pejalan kaki yang dekat dengan genangan air tersebut otomatis akan terciprat air jika kendaraan yang melintas cukup kencang. Untuk memperingatkan pengemudi agar tidak melakukan hal tersebut, di Inggris sudah ada peraturannya.

Melansir Gloucestershierelive.co.uk, Kamis 9 Januari 2020, berdasarkan Road Traffic Act 1988 pengguna kendaraan atau pengemudi dianggap ilegal jika tidak ada pertimbangan, yang masuk akal untuk orang lain atau sampai merugikannya.

Maka Undang-undang itu melarang berkendara melewati genangan air yang menyebabkan pejalan kaki terciprat. Menurut Kepolisian Inggris, jika pengemudi sampai mencipratkan air ke pejalan kaki dikenakan denda 5.000 Pound Sterling atau Rp91 juta.

Namun kebanyakan orang akan diberikan penalti sebesar 100 Pound Sterling untuk pelanggaran tetap atau setara Rp1,8 juta. Tapi hal tersebut bisa berubah atau meningkat hingga denda maksimal Rp91 juta kalau memenuhi beberapa kriteria pelanggaran.

“Tindakan tidak kompeten, mementingkan diri sendiri, ketidaksabaran, atau agresif,” tulis keterangannya.

Sebelumnya pada awal 2019 Kepolisian Inggris mencari pengendara mobil yang sudah mencipratkan atau membasahi tubuh seorang ibu di Cambridgeshire. Saat itu ibu-ibu tersebut sedang bersama kedua anaknya yang salah satunya ada di kereta bayi.

Menurut juru bicara Kepolisian Cambridgeshire kejadian tersebut berlangsung pada 4 Januari 2019. Ketika berada di dekat jalan dengan genangan air sepanjang 20 kaki, tiba-tiba mobil melahap jalan tersebut dan membasahinya ibu serta anak-anaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here