Beranda Ekonomi & Bisnis Likuiditas Perbankan Dapat Diperbaiki Dengan Capital Inflow

Likuiditas Perbankan Dapat Diperbaiki Dengan Capital Inflow

186
0
BERBAGI
Bisnis dan Perbankan yang terkena likuiditas dapat diperbaiki dengan Capital inflow | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, EKONOMI & BISNIS – Perbankan yang tidak dapat mempertahankan sistem keuangannya dengan baik akan berdampak pada likuiditas perbankan tersebut, dampak likuiditas dapat dirasakan oleh para nasabahnya secara langsung.

Akibat dari likuiditas dari suatu perbankan dapat menjadi upaya marger perbankan dengan perbankan yang lebih sehat, atau penggabungan dari beberapa perbankan yang bermasalah untuk menjadi satu badan perbankan yang baru.

Namun likuiditas ini dapat diperbaiki dengan Capital Inflow berikut penjelasannya :

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Anton Hermanto Gunawan mengatakan ada kemungkinan arus masuk modal portofolio pada tahun ini dapat membuat likuiditas perbankan sedikit melonggar.

“Secara logika, itu bisa saja masuk dari luar, dia tukarkan dolarnya, kemudian dibelanjakan dalam bentuk saham atau bonds, dan biasanya itu cukup besar, itu akan menyebabkan masuk ke dalam sistem perbankan,” kata Anton kepada Bisnis, Jumat (8/7/2019) malam.

Anton mengatakan berdasarkan periode booming harga komoditas dan derasnya arus modal portofolio karena kebijakan Quantitave Easing di Amerika Serikat, pertumbuhan DPK sempat tumbuh tinggi, bahkan mencapai kisaran 20%.

Menurut Anton ketatnya likuiditas pada tahun ini tidak akan terlalu disambut dengan kenaikan suku bunga kredit, meskipun bank sudah mulai mengerek suku bunga dana sejak tahun lalu. Menurut Anton, hal itu juga disebabkan kualitas aset debitur perbankan saat ini.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here