Beranda Lifestyle Waspadalah Corona Bisa Menular Melalui Make-up dan Alat Make-up

Waspadalah Corona Bisa Menular Melalui Make-up dan Alat Make-up

473
Waspadalah Corona Bisa Menular Melalui Make-up dan Alat Make-up | Photo : shutterstock_445895788/Net

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Saat ini seluruh dunia sedang mewaspadai penyebaran virus Corona, yang menjadi penyakit berbahaya saat ini, bahkan akibatnya menimbulkan kampanye pandemi global dan langsung dari WHO (World Health Organization).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan untuk seluruh orang yang ada di dunia untuk tetap mewaspadai tertular virus corona dari segala bentuk aktifitas dalam kehidupan sehari.

Positifnya virus corona mengakibatkan perubahan besar dan kesadaran tinggi masyarakat untuk menjaga kebersihan dan selalu waspada akan segala bentuk yang bisa menginfeksi diri mereka.

COVID-19 menular melalui droplet (percikan) yang dikeluarkan oleh orang terinfeksi saat berbicara, bersin, atau batuk. Kita juga disarankan untuk menjaga kebersihan tangan dan benda yang sering disentuh. Lalu, bagaimana degan risiko penularan COVID-19 melalui make up?

Penularan COVID-19 Melalui Make Up

Droplet (percikan) yang membawa virus COVID-19 dapat saja mengenai berbagai benda dan permukaan. Tanpa disadari, alat make up juga dapat terkena droplet yang terkontaminasi virus tersebut.

Apabila Anda menggunakan alat make up lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, maka virus dapat masuk ke dalam tubuh. Terlebih lagi, alat make up banyak yang diaplikasikan pada daerah sekitar mata, hidung, mulut, seperti maskara, eyelinereye shadow, lipstick, dll.

Jadi, meskipun bukan media penularan utama, alat make up memiliki potensi dalam penularan COVID-19.

Berapa Lama COVID-19 Dapat Bertahan di Alat Make Up?

Hingga artikel ini terbit, belum banyak penelitian yang menyatakan berapa lama virus SARS-CoV-2 ini mampu bertahan di permukaan benda, termasuk alat make up.

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine pada April 2020, virus corona dapat bertahan di permukaan plastik hingga 72 jam. Sebagai contoh pada alat make up, virus dapat bertahan pada tabung plastik krim atau skincare, botol foundation, wadah riasan compact, dll.

Alat make up yang berisiko menjadi media penularan

Produk make up memiliki potensi sebagai media penularan COVID-19, khususnya make up yang diaplikasikan pada daerah mata dan bibir. Beberapa contohnya seperti maskara, eyeshadow, eyeliner yang penggunaannya dekat sekali dengan area mata dan berisiko menginfeksi permukaan mata melalui selaput lendir konjungtiva.

Tinggalkan Balasan