Beranda Daerah Setelah Ducati, Rossi dan Vinales Juga Gunaka Holeshot, Untuk Pertahankan Akselerasi Yamaha...

Setelah Ducati, Rossi dan Vinales Juga Gunaka Holeshot, Untuk Pertahankan Akselerasi Yamaha M1

776
0
Holeshot Yamaha saat tes di pramusim di Spang Malaysia | Photo : Ist/Net/ridertua

DETIKEPRI.COM, MOTOGP – Pabrikan Italia, Ducati dan Aprilia sukses memasang perangkat holeshot pada motor MotoGP-nya tahun lalu.

Tidak mau ketinggalan pabrikan Jepang mulai menerapkan sistim ini. Yamaha M1 2020 muncul dengan sakelar mekanis baru di sisi kiri motornya. Rossi dan Vinales menguji fitur Holeshot, menjaga akselerasi maksimum Yamaha M1..

Rossi dan Vinales Menguji Fitur Holeshot, Menjaga Akselerasi Maksimum Yamaha M1

Holeshot Yamaha saat tes di pramusim di Spang Malaysia | Photo : Ist/Net/ridertua

Mirip Ducati

Penyesuaian suspensi dengan sistim holeshot ini tidak diperbolehkan terintegrasi dengan elektronik, jadi harus manual.

Dalam sesi tes Sepang lalu beberapa video menunjukkan bagaimana bagian belakang M1 menjadi lebih rendah ketika pengendara mengaktifkan sakelar holeshot.

BACA JUGA :  Holeshot Bisa Dipakai untuk ‘Motor Harian’ dan Kapan Pertama Kali Perangkat Ini Muncul?

Jika dilihat cara kerjanya sistim Yamaha meniru sistem Ducati (mengunci suspensi belakang). Sementara versi Aprilia adalah bekerja untuk suspensi depan.

Valentino Rossi, Maverick Vinales dan tes rider asal Jepang Kohta Nozane, memasang perangkat holeshot pada M1 mereka di Sepang. Sementara pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo, tidak memasang sistem holeshot pada motornya. Bagaimana tanggapan Rossi dan Vinales?

Cara Kerja Holeshot

Perangkat Holeshot bekerja dengan mengunci sementara suspensi dalam posisi terkompresi, sehingga menurunkan pusat gravitasi (Centre of Gravity) dan membantu mencegah wheelie (roda depan terangkat), yang merupakan faktor yang mengurangi kemampuan motor berakselerasi maksimum saat start.

BACA JUGA :  Holeshot Bisa Dipakai untuk ‘Motor Harian’ dan Kapan Pertama Kali Perangkat Ini Muncul?

“Efek utama dari perangkat holeshot adalah untuk menurunkan Pusat Gravitasi. Mengubah rasio antara ketinggian Pusat Gravitasi dan jarak horizontal dari Pusat Gravitasi ke pusat belakang roda.

Akselerasi maksimum tergantung pada rasio ini karena batas akselerasi pada awalnya adalah wheelie. Inilah alasannya mereka menurunkan Center of Gravity dengan perangkat holeshot ini.”

Komentar Rossi dan Vinales

Vinales dan Rossi memberi sedikit komentarnya tentang sistem ini, Rossi mengatakan: “Tidak terlalu buruk tetapi kita perlu mengujinya sebelum kita dapat menggunakan” sementara Vinales bercanda dia bisa menyentuh tanah lebih mudah sekarang: “Aku pendek. Aku tidak tinggi. Jadi, setidaknya aku bisa mempertahankan motor dengan lebih baik (tersenyum). Sebelumnya, aku sangat takut. Sekarang aku bisa mempertahankan motor dengan lebih baik. Itu bagus!” kata Vinales.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here