Beranda Lifestyle Taukah Anda Penyebab Ginjal Bengkak, Berikut Penjelasan dan Cara Pengobatannya

Taukah Anda Penyebab Ginjal Bengkak, Berikut Penjelasan dan Cara Pengobatannya

0
Taukah Anda Penyebab Ginjal Bengkak, Berikut Penjelasan dan Cara Pengobatannya | Photo : Ist/net

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Ginjal bengkak biasa diakibatkan dari pola makan dan pola hidup yang tidak sesuai dan tidak teratur, kondisi inilah yang mengakibatkan terjadi berbagai penyakit terlebih lagi masalah ginjal.

Ginjal cukup sensitif terlebih lagi fungsinya sebagai penyaringan jangan sampai terjadi pembengkakan apalagi terjadi penyubatan pada ginjal.

Ada sejumlah macam masalah yang menyerang organ ginjal. Salah satu dari masalah pada ginjal tersebut adalah hidronefrosis atau pembengkakan ginjal. Lantas, apa yang menjadi penyebab ginjal bengkak ini dan bagaimana cara mengatasinya? Simak informasinya berikut ini!

BACA JUGA :  Didi Kusumarjadi Jemur kepala Puskesmas kalau Kinerjanya Tidak Maksimal

Apa Itu Pembengkakan Ginjal?

Ginjal bengkak adalah suatu kondisi ketika organ yang fungsinya memfiltrasi limbah tubuh ini mengalami penumpukan cairan urine. Idealnya, urine yang tak lain merupakan hasil penyaringan racun-racun tubuh—dan juga zat sisa metabolisme—akan dialirkan oleh ginjal ke kandung kemih melalui ureter untuk selanjutnya dibuang ke luar melalui mekanisme yang kita kenal sebagai buang air kecil (BAK).

Akan tetapi, adanya penyumbatan pada ureter mengakibatkan urine tidak dapat mengalir menuju kandung kemih sebagaimana mestinya. Alhasil, urine kembali naik ke ginjal dan menumpuk. Ginjal yang berisi tumpukan urine ini lantas mengalami pembengkakan yang disebut hidronefrosis tersebut. Hidronefrosis menyerang salah satu atau kedua ginjal dan bisa terjadi baik pada orang dewasa maupun anak bayi.

BACA JUGA :  Waspadalah...!!! Makanan ini Bisa Bahayakan Kesehatan Ginjal

Penyebab Ginjal Bengkak

Pembengkakan pada ginjal sejatinya bukan merupakan suatu penyakit, melainkan komplikasi dari suatu penyakit atau kondisi tertentu yang terjadi pada organ tersebut maupun bagian lainnya dari sistem ekskresi tubuh.

Penyebab ginjal bengkak umumnya karena adanya uropati unilateral obstruktif akut (acute unilateral obstructive uropathy).

Dalam pengertian yang lebih umum, uropati unilateral obstruktif akut merujuk pada suatu kondisi di mana ureter mengalami obstruksi.

BACA JUGA :  Mom, Bijaklah Memilih Produk Pembersih Bayi, Harus Lembut dan Bebas Iritasi

Obstruksi ini lantas menyebabkan urine tidak dapat melintasi ureter dan justru berbalik menuju ginjal. Kondisi ini dalam dunia medis dikenal sebagai refluks vesikoreteral.

Penyakit atau kondisi lainnya yang memicu terjadinya masalah ini antara lain sebagai berikut:

1. Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyebab ginjal bengkak yang paling umum. Batu ginjal yang terbentuk di dalam organ tersebut lantas ikut mengalir bersama urine melewati kateter.

Tinggalkan Balasan