Beranda Sejarah Seni & Budaya Teater Rakyat Makyong Bintan Semarakan MTQ Kepri

Teater Rakyat Makyong Bintan Semarakan MTQ Kepri

975
0
BERBAGI
Teater rakyat mak yong khas Bintan menjadi tema pertunjukan yang ditampilkan kafilah asal Bintan pada MTQ Kepulauan Riau di Dabo, Singkep, Kabupaten Lingga / foto : istimewa

DETIKEPRI.COM, LINGGA — Teater rakyat mak yong khas Bintan menjadi tema pertunjukan yang ditampilkan kafilah asal Bintan pada MTQ Kepulauan Riau di Dabo, Singkep, Kabupaten Lingga.

Pelakon dalam teater langsung diperankan Bupati Bintan Apri Sujadi dan rombongan. Makyong sengaja diusung sebagai tema pertunjukan oleh tim Bintan pada MTQ Kepri 2018 ini di Dabo.

BACA JUGA :  Penutupan Pelatihan Tari Tradisional Melayu

Kesenian rakyat tersebut sejak dulu identik dengan Bintan. Menampilkannya di MTQ bertujuan mulia, agar kesenian rakyat tersebut tetap eksis dan hidup di mata orang banyak. Pun di mata warga Kepri.

“Makyong adalah warisan kesenian melayu. Khazanah ini tentu patut diangkat, dan dihidupkan di tingkat Kepri,” kata Apri Sujadi, Rabu (9/5/2018).

BACA JUGA :  Pramoedya Ananta Toer, Sang Genius nan Kontroversial Asal Blora

Jalanan Dabo, lokasi makyong dipertunjukan, dipenuhi banyak warga, yang tentu saja sebagian besar adalah warga Lingga. Warga tuan rumah MTQ saat Makyong Bintan dipertunjukan tampaknya antusias menikmati sajian seni.

Bagi kafila Bintan, antusiasme tersebut bukti bahwa makyong diterima dan masih diapresiasi. Apalagi tak sedikit penonton adalah anak-anak muda. Bisa mengapresiasi seni tradisional rakyat tentu merupakan kebanggan.

BACA JUGA :  Sanggar Makyong Lestarikan Seni Budaya Melayu

“Persembahan makyong di MTQ Lingga adalah sejarah. Pak bupati langsung pemainnya,” kata Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira.

Sejak jauh-jauh hari, latihan makyong untuk ditampilkan di MTQ Kepri di Lingga sudah dilakukan. Sehingga tak ada kendala berarti ketika kesenian itu ditampilkan di depan banyak orang.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here